FAWAID SIGHAT AL AMR WA AL NAHY FI AL JAZA' AL THAMIN WA AL 'ISHRIN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI 'ILM AL MA'ANIY)

RITA OCTAVIA, NIM. 13110015 (2017) FAWAID SIGHAT AL AMR WA AL NAHY FI AL JAZA' AL THAMIN WA AL 'ISHRIN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI 'ILM AL MA'ANIY). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FAWAID SIGHAT AL AMR WA AL NAHY FI AL JAZA' AL THAMIN WA AL 'ISHRIN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI 'ILM AL MA'ANIY))
13110015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAWAID SIGHAT AL AMR WA AL NAHY FI AL JAZA' AL THAMIN WA AL 'ISHRIN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH FI 'ILM AL MA'ANIY))
13110015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan dua sumber, yaitu sumber utama al- Qur’an Juz 22, dan sumber sekunder berupa literatur kepustakaan yang memiliki keterkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mendata ayat-ayat pada juz 22 yang terdapat sighoh perintah dan larangan, kemudian dilakukan analisis terhadapnya dengan menggunakan metode analisis deskriptif balaghah pendekatan ilmu ma’ani. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: 3) Amr pada juz 22 muncul dengan 1 sighoh, yaitu : sighoh fi’il amr berjumlah 82, sighoh fi’il mudhari’ yang diiringi dengan lam amr berjumlah 8, dan sighoh masdar yang menempati kedudukan sebagai fi’il amr berjumlah 1. Dari sighoh-sighoh amr yang terdapat pada juz ini, ada yang menunjuk kepada makna asli yang berarti keharusan atau wajib berjumlah 72, dan ada yang menunjuk kepada makna majaz. Sighoh amr dengan makna majaz ini memiliki banyak arti, yaitu al-du’a, al-irsyad, at-ta’dib, at-tahdid, al-i’tibar, as-sukhriyyah au al-imtihan, an-nadb, ad-dawam, at-tahkyir.2) Nahy pada juz 22 ini muncul dengan satu sighoh, yaitu fi’il mudhari yang disertai dengan laa nahiyahberjumlah 31. Dari sighoh-sighohnahy tersebut, ada yang menunjuk kepada makna asli yang berarti keharaman berjumlah 2, danada yang menunjuk kepada makna majaz berjumlah 8. Nahy dengan makna majaz ini meliputi arti ad-du’a, at-tahdzir, attayiis, dan al-iltimas. Kata Kunci: Sighoh amr, Sighoh nahy, Faidah, al-Quran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Alwan Khoiri, MA
Uncontrolled Keywords: Sighoh amr, Sighoh nahy, Faidah, al-Quran
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2018 14:21
Last Modified: 22 Feb 2018 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum