POP CULTURE: PROYEKSI IDENTITAS DIRI MELALUI FOTO SELFIE DALAM AKUN INSTAGRAM (STUDI MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

NUR ARIFAH, NIM. 12720015 (2017) POP CULTURE: PROYEKSI IDENTITAS DIRI MELALUI FOTO SELFIE DALAM AKUN INSTAGRAM (STUDI MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POP CULTURE: PROYEKSI IDENTITAS DIRI MELALUI FOTO SELFIE DALAM AKUN INSTAGRAM (STUDI MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
12720015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (POP CULTURE: PROYEKSI IDENTITAS DIRI MELALUI FOTO SELFIE DALAM AKUN INSTAGRAM (STUDI MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
12720015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Selfie merupakan seni foto diri yang biasanya dilakukan sendirian maupun bersama dengan menggunakan kamera smartphone, salah satu wujud budaya populer. Budaya populer juga menjadi bagian dari budaya elite dalam masyarakat tertentu. Fenomena selfie menjamur dikalangan kaum muda terutama mahasiswa Fishum UIN Sunan Kalijaga. Permasalahan yang diangkat penggunaan teknik berfoto selfie ini ditemukan peneliti dari sudut lingkungan kampus dan penggunaan media sosial terutama akun instagram mahasiswa Fishum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui reflektivitas mahasiswa penggemar selfie Fishum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini berpijak pada ranah budaya dan dianalisis menggunakan teori Antonny Giddens yaitu modernity and self identity dengan menggunakan kajian cultural studies. Penelitian ini dilaksanakan pada waktu kurang lebih 4 bulan yaitu bulan Maret 2017 hingga Juni 2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dengan teknik purposive sampling. Informan dipilih sesuai representasi sesuai dengan fokus penelitian dalam akun instagram. Informan yang dipilih secara acak yaitu dari program studi: Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Sosiologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan materi visual. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan yang terakhir ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah selfie sn untuk meningkatkan percaya diri dan membangun refleksi pada diri dalam pengalaman, pergaulan, momen, aktivitas yang dilakukan yang didokumentasi dalam akun instagram. Selfie dilakukan dikarenakan sebagai refleksivitas identitas diri sebagai mahasiswa Fishum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam akun instagram. Identitas mahasiswa yang ditunjukan yaitu merefleksikan diri dalam berbagai suasana, menunjukkan diri sebagai wujud eksplorasi, menunjukkan perkembangan relasi sosial yang intim. Sebagaimana yang diperlihatkan yaitu mahasiswa yang berkarakter, berkemampuan, pilihan, dan berbakat dengan tampil beda yang unik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zainal Arifin, S.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Selfie, Identitas diri, Instagram, Budaya Populer
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:00
Last Modified: 08 Nov 2017 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum