ANALISIS KESETARAAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH INKLUSI DI SDN GIWANGAN YOGYAKARTA

LILIN SUKRIATI, NIM. 10470007 (2017) ANALISIS KESETARAAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH INKLUSI DI SDN GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESETARAAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH INKLUSI DI SDN GIWANGAN YOGYAKARTA)
10470007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESETARAAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH INKLUSI DI SDN GIWANGAN YOGYAKARTA)
10470007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan pengumpulan data di SDN Giwangan Yogyakarta menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yakni data reduction, data display, verification dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses seleksi siswa berkebutuhan khusus di SDN Giwangan Yogyakarta, selain itu untuk mengetahui bagaimana strategi yang dikembangkan dalam menjamin kesetaraan, serta mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya penjaminan kesetaraan. Adapun hasil yang didapat berdasarkan penelitian sebagai berikut : (1) Proses seleksi siswa berkebutuhan khusus di SDN Giwangan Yogyakarta meliputi identifikasi yaitu berupa proses penjaringan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam rangka pemberian layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, dan asamen ( Assesment ) yaitu proses pengumpulan informasi yang dimaksudkan untuk memahami keunggulan dan hambatan belajar siswa. (2) Strategi yang dilakukan oleh pihak SDN Giwangan dalam menjamin kesetaraan adalah dengan penyusunan kurikulum yang sifatnya fleksibel terhadap siswa berkebutuhan khusus, memiliki tenaga pendidik dengan satuan pendidikan khusus, dan dengan menyediakan sarana maupun prasarana yang membantu pemenuhan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. (3) Faktor pendukung dalam penjaminan kesetaraan yaitu adanya sarana serta prasarana yang memadai, mendapat dukungan dari Direktorat PLB setempat, penyusunan program khusus untuk pembelajaran inklusi, dan pengadaan Guru Pendamping Khusus ( GPK ) oleh orangtua siswa berkebutuhan khusus. Faktor penghambat dalam penjaminan kesetaraan yaitu Guru kurang memahami latar siswa berkebutuhan khusus, GPK tidak berlatar pendidikan luar biasa, Minimnya partisipasi orang tua anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan, Sekolah Inklusi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:17
Last Modified: 09 Nov 2017 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum