PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BACA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TINA MARYANTI - NIM. 06140084, (2009) PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BACA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BACA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BACA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (938kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) media yang sering diketahui masyarakat pemakai dalam mempromosikan Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (2) adakah pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap minat baca di Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun 2007. Populasi adalah masyarakat pemakai Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 100 orang dengan metode sampling insidental. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan menggunakan Program SPSS versi 12 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) media yang sering diketahui oleh masyarakat pemakai adalah media elektronik, dengan jumlah skor 409, media cetak skor 389 dan media penyelenggara skor 334. Dari media elektronik yang paling besar adalah televisi skor 389 lebih besar di banding internet skor 335 dan radio skor 344. (2) ada pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap minat baca masyarakat di Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 0,735 (positif) pvalue sebesar 0,000. Terdapat korelasi yang kuat atau tinggi sebesar (0,20-0,90). Uji korelasi Product moment dari Pearson menggunakan SPSS ver.12 for windows. Dengan demikian dapat dikatakan promosi yang dilakukan oleh Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berpengaruh terhadap minat baca bagi masyarakat. Sehingga Ha yang menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap minat baca diterima dan Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan pelaksanaan kegiatan Promosi Minat Baca yang dilakukan oleh Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, hendaknya dilakukan dengan maksimal agar masyarakat pemakai mengetahui keberadaan Badan Perpustakaan Derah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. BUDIYONO, SIP
Uncontrolled Keywords: Promosi, Minat Baca, Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:52
Last Modified: 13 Oct 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item