TUJUAN PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MAHMUD SYALTUT

RAHMAD SETIAWAN, NIM. 10470059 (2017) TUJUAN PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MAHMUD SYALTUT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TUJUAN PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MAHMUD SYALTUT)
10470059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TUJUAN PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF MAHMUD SYALTUT)
10470059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aqidah (kepercayaan) adalah bidang teori yang perlu dipercayai terlebih dahulu sebelum yang lain-lain. Kepercayaan itu hendaklah bulat dan penuh, tiada bercampur dengan syak, ragu dan kesamaran. Aqidah itu hendaklah: menurut ketetapan keterangan-keterangan yang jelas dan tegas dari ayat-ayat Qur’an serta telah menjadi kesepakatan kaum Muslimin sejak penyiaran Islam dimulai. Sehingga Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengertian Aqidah dan Nilai-Nilai Aqidah dalam pandangan Mahmud Shaltut, (2) Mengetahui seperti apa penerapan nilai-nilai aqidah di dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi putaka (study literature), data penelitian ini diperoleh dari beberapa kitab atau buku yang mengungkapkan tentang kedudukan wali dalam pernikahan. Penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitis dengan pola pikir induktif. Inti dari pembahasan Aqidah adalah rukun Iman, Nilai-nilai Aqidah adalah penjabaran tentang penerapan dari muatan yang terkandung dalam rukun iman yang 5 itu. Sedangkan apabila merujuk pandangan Mahmud Shaltut seperti dalam penelitian ini, susunan rukun iman yang beliau utarakan sedikit berbeda dalam urutan yang disampaikan meskipun memiliki substansi yang sama. Pendidikan Islam harus dapat menjadi sarana perubahan atau media untuk menanamkan nilainilai aqidah agar out put atau peserta didik yang mengenyam pendidikan didalam lingkungan pendidikan Islam menjadi pribadi yang Islami. Penerapan Nilai-Nilai Aqidah Menurut Mahmud Shaltut dalam Pendidikan Islam Penerapan nilai-nilai aqidah dalam pendidikan Islam adalah terbentuknya : (1) Insan purna yang dekat kepada Allah SWT. (2) Insan purna yang mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perspektif Mahmud Shaltut, Nilai-Nilai Aqidah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:45
Last Modified: 09 Nov 2017 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum