KONSEP MULTIKULTURALISME PIAGAM MADINAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

IBNU ADHI PRABOWO, NIM. 10470076 (2017) KONSEP MULTIKULTURALISME PIAGAM MADINAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP MULTIKULTURALISME PIAGAM MADINAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
10470076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MULTIKULTURALISME PIAGAM MADINAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
10470076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Negara Indonesia dianugrahi dengan banyaknya suku dan budaya. Fenomena yang terjadi di Indonesia sejak perubahan masa orde baru ke reformasi, terdapat geolak sosial-politik dan konflik dalam berbagai level masyarakat. Hal ini dikarenakan minimnya kesadaran manusia terhadap pemahaman dan kepercayaan kepada normalitas dan keberagaman. Untuk itu, perlu adanya pengkajian kembali multikulturalisme dalam pendidikan khususnya pendidikan Islam. Sehingga tujuan Penelitian ini antara lain : (1) mengetahui konsep multikulturalisme piagam Madinah dan (2) mengetahui relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Dalam penelitian ini penulis mencari titik temu dalam kajian multikulturalisme Piagam Madinah dan Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach), yakni meneliti buku-buku bacaan yang berkaitan dengan materi. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis filosofis. Maka, metode untuk menganalisis data yang penulis gunakan adalah metode analisis deskripsi. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa secara umum Piagam Madinah mengandung konsep multikulturalisme, yakni lebih mementingkan kesetaraan drajat antar kelompok manusia, tanpa melihat adanya perbedaan latar belakang masyarakat. Hal ini dapat ditandai dengan terbentuknya kota Madinah atas perintah Nabi muhammad dengan semangat membangun toleransi antar sesama. Relevansi keduanya (konsep multikulturalisme piagam Madinah dan tujuan pendidikan Islam) dapat terwujud yakni dengan proses dan upaya yang berkesinambungan. Dalam konteks piagam Madinah memuat prinsip-prinsip multikulturalisme seperti: prinsip keadilan, kebebasan, kesetaraan, persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, tujuan pendidikan Islam yang memiliki nilai dan prinsip multikulturalisme secara umum sudah ada sejak zaman nabi Muhammad Saw. Hanya saja, perlu ada pengkajian kembali tentang sejarah pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme, Piagam Madinah, Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:56
Last Modified: 04 Dec 2017 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum