KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM SEKTOR PARIWISATA GOA PINDUL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI (STUDI DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY)

JALIL ABDUL AZIZ, NIM. 13720007 (2017) KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM SEKTOR PARIWISATA GOA PINDUL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI (STUDI DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM SEKTOR PARIWISATA GOA PINDUL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI (STUDI DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY))
13720007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM SEKTOR PARIWISATA GOA PINDUL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI (STUDI DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY))
13720007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk keterlibatan masyarakat Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY di sektor Pariwisata Goa Pindul. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data.. Hasil penelitian menyatakan bahwa masyarakat Desa Bejiharjo sebagian besar terlibat disektor Pariwisata Goa Pindul. Keterlibatan tersebut didasari dengan adanya pengangguran, kepemilikan lahan di sekitar wisata dan keterampilan. Keterlbatan masyrakat dibagi menjadi dua yaitu keterlibatan melalui kelompok sadar wisata dan mandiri. Keterlibatan masyarakat melalui kelompok sadar wisata yaitu pemandu wisata, penjaga pelampung, menyewakan mobil angkut, mendirikan home stay dan tukang parkir sedangkan keterlibatan melalui mandiri yaitu usaha warung makan, penjual pakaian dan penjual bakso bakar keliling. Masyarakat Desa Bejiharjo melalui tahap adaptasi, tujuan, integrasi dan pemeliharaan. Tahap adaptasi, tujuan, integrasi dan pemeliharaan yang dilakukan masyarakat Desa bejiharjo bertujuan untuk tercapainya cita-cita masyarakat untuk mensejahteraakan kualitas hidupnya dengan hasil dari Pariwisata Goa Pindul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan, Masyarakat, Pariwisata, Goa Pindul
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:24
Last Modified: 09 Nov 2017 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item