KAUM MUDA MELAWAN NARKOBA ( STUDI PADA ORGANISASI GEMA SATRIA DI DUSUN GRIGAK, DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO)

FRIANDA HEKMATIAR, NIM. 13720013 (2017) KAUM MUDA MELAWAN NARKOBA ( STUDI PADA ORGANISASI GEMA SATRIA DI DUSUN GRIGAK, DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAUM MUDA MELAWAN NARKOBA ( STUDI PADA ORGANISASI GEMA SATRIA DI DUSUN GRIGAK, DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO))
13720013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KAUM MUDA MELAWAN NARKOBA ( STUDI PADA ORGANISASI GEMA SATRIA DI DUSUN GRIGAK, DESA GIRIPURWO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO))
13720013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi mengenai penyalahgunaan narkoba perlu adanya pencegahan. Hal ini karena generasi pemuda mudah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba dan dapat merusak generasi penerus bangsa. Upaya yang dilakukan perlu melibatkan berbagai pihak tidak hanya pemerintah saja peran serta masyarakat sangat penting baik melalui kelompok atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kaum muda dan Mayarakat Melalui organisasi Gema Satria dalam melawan peredaran narkoba di Dusun Grigak, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Teori yang digunakan dalam peneltian ini mengunakan teori Fungsionalisme Struktural. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kualitatif dengan metode pengambila data berupa observasi, dokumentasi wawancara dan analisis data. Metode untuk menganalisis data kualitatif menggunakan tiga metode reduksi data, model data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya upaya yang dilakukan untuk melawan peredaran narkoba melalui organisasi Gema Satria jika dikaitkan denga teori fungsionalisme struktural suatu sistem terdiri dari bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan. Proses penyesuaian serta tujuan yang ada di masyarakat tersebut tercapai berkat kejasama, saling menjaga dan berhubungan dengan baik. Pemuda dan masyarakat Dusun Grigak Sadar akan bahaya dari narkoba dan memilih mencegah peredaran penyalahgunaan narkoba. Keterlibatan pemuda sangat efektif untuk melawan peredaran narkoba. Upaya yang dilakukan dengan program preventif yaitu pencegahan dan program promotif yaitu pembinaan. Upaya tersebut yang menjadi kunci keberhasilan pemuda dan masyarakat Dusun Grigak dalam mewujudkan upaya pencegahan narkoba melalui program dan kegiatan yang bersifat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S. Sos.,
Uncontrolled Keywords: Kaum Muda, Melawan Narkoba
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:34
Last Modified: 09 Nov 2017 02:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item