AL SHAKHS AL RAISIY FI AL RIWAYAH AL SHAHAZ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG)

QURRATUL AINI, NIM. 13110032 (2017) AL SHAKHS AL RAISIY FI AL RIWAYAH AL SHAHAZ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHS AL RAISIY FI AL RIWAYAH AL SHAHAZ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHS AL RAISIY FI AL RIWAYAH AL SHAHAZ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “As-Syahsu Ar-raisi fi Al-riwayah As-syahhadz (Dirasah Tahliliyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung)”. Al-Syahhadz adalah salah satu karya sastra yang dituls oleh Najib Mahfudz. Dalam karyanya ini, Najib Mahfudz menceritakan aspek-aspek psikologis yang dihadapi oleh tokoh utama Umar al-Hamzawi. Di umurnya yang sudah tidak muda lagi, Umar mulai mengalami suatu penyakit yang dokter tidak akan mampu menyembuhkannya. Dengan keyakinan tersebut, ia mulai mencari penyebab dari penyakit yang ia alami, namun pencarian tersebut berakhir dengan rasa kecemasan yang mendalam yang selalu menghantuinya. Dari permasalahan inilah, penulis tertarik untuk menganalisis novel ini dengan menggunakan teori analisis psikologi Carl Gustav Jung. Adapun rumusan masalah yang akan peneliti jawab dalam penelitian ini yaitu prilaku apa yang paling dominan yang dimiliki oleh tokoh utama Umar al- Hamzawy, faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan psikologi tokoh utama Umar al-Hamzawi serta bagaimana proses perubahan prilaku tokoh utama tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikoanalitik menurut Calr Gustav Jung. Dalam teorinya Jung mengemukakan adanya tingkatan kepribadian (Level of The Psyche), melalui tingkatan tersebut Jung menambahkan bahwa kepribadian itu tersususn dari tiga sistem yang beroperasi pada tingkat kesadaran, yaitu kesadaran (Conscious), ketidaksadaran individu (Personal Unconscious), dan ketidaksadaran kolektif (Collective Unconscious). Selain dari tingkatan kepribadian tersebut Jung juga mengemukakan adanya arketipe dalam perubahan prilaku seseorang. Peneliti telah mengumpulkan sejumlah literature yang dapat menunjang jalannya penelitian, baik yang berbahasa Arab, Inggris maupun bahasa Indonesia. Referensi yang sudah ada dirasa cukup membantu untuk melakukan penelitian. Adapun kesimpulan yang dicapai penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama. Prilaku yang dominan yang dimiliki tokoh utama adalah kepribadian extrovert, sedangkan kepribadian introvert hanya sebagai pelengkap. Kedua, perubahan prilaku tokoh utama dipengaruhui oleh tiga aspek yaitu: 1) pengaruh sosial, 2) karakteristik kepribadian individu, 3) informasi yang selama ini diterima individu. Ketiga, proses perubahan prilaku tokoh utama yaitu perubahan dari kepribadian extravert kedalam kepribadian introvert. Kata Kunci: Kepribadian, tingkah laku, Psikoanalitik, Najib Mahfoudz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, MA
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, tingkah laku, Psikoanalitik, Najib Mahfoudz.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2018 14:22
Last Modified: 22 Feb 2018 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum