INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT LOKAL YOGYAKARTA DENGAN MAHASISWA PENDATANG NUSA TENGGARA TIMUR DI KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, RW 20 DAN RT 85 YOGYAKARTA

JUMADIN YUNUS, NIM. 13720049 (2017) INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT LOKAL YOGYAKARTA DENGAN MAHASISWA PENDATANG NUSA TENGGARA TIMUR DI KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, RW 20 DAN RT 85 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT LOKAL YOGYAKARTA DENGAN MAHASISWA PENDATANG NUSA TENGGARA TIMUR DI KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, RW 20 DAN RT 85 YOGYAKARTA)
13720049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT LOKAL YOGYAKARTA DENGAN MAHASISWA PENDATANG NUSA TENGGARA TIMUR DI KELURAHAN BACIRO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN, RW 20 DAN RT 85 YOGYAKARTA)
13720049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Interaksi Sosial Masyarakat Lokal Yogyakarta Dengan Mahasiswa Pendatang Nusa Tenggara Timur di Desa Gendeng, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman RW 20 dan RT 20. Peneliti tertarik untuk mengangkat tema ini karena keingin tahuan, tentang interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat Gendeng dengan mahasiswa pendatang NTT yang terjalin harmonis. Untuk menghasilkan hubungan sosial yang baik diperlukan suatu bentuk interaksi yang mendapatkan respon antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok. Dengan latar belakang etnis dan hubungan sosial, tentu dengan sendirinya terjadi perpaduan karakter individu dalam bersosialisasi dan tentu pada akhirnya sangat mempengaruhi pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini, bertujuan untuk menggambarakan interaksi-interaksi yang terjadi pada masyarakat Gendeng dengan mahasiswa pendatang NTT yang menghasilkan hubungan sosial yang harmonis. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan responden. Adapun cara pengambilan sampel atau responden dilakukan dengan cara mengacak KK masyarakat Gendeng dengan mahasiswa pendatang NTT sebanyak jumlah responden 23 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik yang dipelopori oleh Herbert Blumer. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di desa Gendeng, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman RW 20 dan RT 85 Yogyakarta. Hasil penelitian menujukan bahwa interaksi sosial antara masyarakat Gendeng dengan mahasiswa pendatang NTT menjalin hubungan baik dan harmonis. Hubungan baik tersebut ditunjukan oleh parah masyarakat dengan sikap antusia, mahasiswa pendatang NTT yang selalu aktif dalam mengikuti dan melestarikan berbagai bentuk kegiatan masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran umum kepada semua pihak yang membutuhkan informasi tentang interaksi sosial masyarakat Gendeng dengan mahasiswa pendatang NTT di Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman RW 20 dan RT 85.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Musa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Masyarakat Lokal Dengan Mahasiswa Pendatang.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:05
Last Modified: 09 Nov 2017 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item View Item