UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI YANG DILAKUKAN OLEH TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TPK) DI DESA MURTIGADING, KEC. SANDEN, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA

LULUK FARIDA, NIM. 13720057 (2017) UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI YANG DILAKUKAN OLEH TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TPK) DI DESA MURTIGADING, KEC. SANDEN, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI YANG DILAKUKAN OLEH TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TPK) DI DESA MURTIGADING, KEC. SANDEN, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA)
13720057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI YANG DILAKUKAN OLEH TIM PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TPK) DI DESA MURTIGADING, KEC. SANDEN, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA)
13720057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Pelatihan merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading. Program pelatihan tersebut diberikan kepada keluarga miskin di 18 pedusunan di Desa Murtigading. Melalui program pelatihan yang diberikan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading dimaksudkan untuk memberikan keterampilan yang kemudian mampu dikembangkan oleh keluarga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Lokasi penelitian berada di Desa Murtigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data. Teori yang digunakan yaitu teori pemberdayaan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terlibat dalam program pelatihan, ketua Tim Penanggulanga Kemiskinan (TPK) pedusunan, pemerintah Desa Murtigading. Objek penelitian ini adalah pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading yaitu melalui program pelatihan dan pembangunan. Program pelatihan dipilih oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading sebagaimana merupakan upaya dalam mensejahterakan ekonomi keluarga miskin (gakin) di 18 pedusunan. Upaya yang dilakukan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading dimaksudkan untuk mengentaskan keluarga miskin dari kemiskinan melalui program pelatihan. Langkah dari Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading dalam mengentaskan keluarga miskin melalui program pelatihan tersebut merupakan langkah positif, meskipun tidak banyak dari keluarga miskin yang menindaklanjuti program pelatihan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Desa Murtigading di setiap pedusunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pelatihan, Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK), Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:12
Last Modified: 09 Nov 2017 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item