REHABILITASI SOSIAL TERHADAP KORBAN PERKOSAAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

AGENG WIDODO, NIM. 1520010006 (2017) REHABILITASI SOSIAL TERHADAP KORBAN PERKOSAAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP KORBAN PERKOSAAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
1520010006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI SOSIAL TERHADAP KORBAN PERKOSAAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
1520010006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Secara umum korban perkosaan akan mengalami berbagai dampak diantaranya dampak fisik, ekonomi, psikologis dan sosial. Berdasarkan dampak yang dialami korban perkosaan, bantuan rehabilitasi sosial menjadi salah satu alternatif untuk melakukan penyembuhan. Di samping itu bantuan ini diberikan karena korban akan kembali ke lingkungan di mana dia bersosialisasi yaitu keluarga dan masyarakat. Pekerja sosial sebagai tenaga profesional diharapkan mampu melakukan pertolongan terhadap korban perkosaan dengan melakukan rehabilitasi sosial. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini yaitu pertama, bagaimanakah pelaksanaan rehabilitasi sosial terhadap korban perkosaan di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Korban Kekerasan (P2TPAKK) Rekso Dyah Utami, Yogyakarta. Kedua, apakah faktor pendukung dan penghambat dalam proses rehabilitasi sosial di Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Korban Kekerasan (P2TPAKK) Rekso Dyah Utami, Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang berusaha memahami secara mendalam terkait pelaksanaan rehabilitasi sosial yang dilakukan oleh pekerja sosial. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai delapam orang informan yaitu tiga pekerja sosial, seorang pramu sosial, seorang konselor medis, seorang konselor hukum, seorang konselor agama dan seorang psikolog. Hasil penelitian ini sebagai berikut: pertama, pelaksanaan rehabilitasi sosial yang dilaksanakan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Korban Kekerasan (P2TPAKK) Rekso Dyah Utami Yogyakarta meliputi: assesment, terapi psikososial, kegiatan bimbingan, resosialisasi dan bimbingan lanjut. Kedua, faktor pendukung dalam proses rehabilitasi sosial adalah keluarga, klien, semangat spiritualitasi, terapi dan bimbingan dalam rehabilitasi, teman klien dan sistem berjejaring. Sementara itu faktor penghambat dalam proses rehabilitasi sosial yaitu sumber daya manusia, home visit kurang dilakukan dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nina Mariani Noor. MA
Uncontrolled Keywords: Perkosaan, Pekerja Sosial, Rehabilitasi Sosial, Terapi Psikososial, RDU.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:42
Last Modified: 15 Nov 2017 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum