UPAYA REHABILITASI PASCA BENCANA OLEH MDMC (MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER) STUDI KASUS BANJIR GARUT JAWA BARAT

IFFATUS SHOLEHAH, NIM. 1520010014 (2017) UPAYA REHABILITASI PASCA BENCANA OLEH MDMC (MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER) STUDI KASUS BANJIR GARUT JAWA BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA REHABILITASI PASCA BENCANA OLEH MDMC (MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER) STUDI KASUS BANJIR GARUT JAWA BARAT)
1520010014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA REHABILITASI PASCA BENCANA OLEH MDMC (MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER) STUDI KASUS BANJIR GARUT JAWA BARAT)
1520010014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Bencana banjir terjadi di wilayah kabupaten Garut, tepatnya di daerah daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan. Bencana banjir yang terjadi pada tanggal 20 September 2016 ini telah menarik banyak simpati dan empati dari berbagai pihak, salah satunya Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Akibat dari bencana tersebut menimbulkan banyak kerugian, di antaranya kerugian jiwa, sarana dan prasarana. MDMC berupaya mengembalikan keberfungsian sosial korban bencana melalui berbagai teknik-teknik yang telah dicanangkan pasca dilakukan assesment. Hal ini menjadi pembahasan yang cukup menarik untuk diteliti, mengingat materi pekerjaan sosial tidak hanya berkaitan dengan ruang lingkup yang bersifat mikro, akan tetapi juga yang sifatnya makro. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan upaya rehabilitasi pasca bencana yang dilakukan oleh MDMC untuk korban bencana banjir di Garut. Selain itu, penelitian ini juga berusaha untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta respon penerima manfaat terhadap MDMC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menganalisis hasil dari penelitian ini, peneliti menggunakan tinjauan pemerintah dalam melakukan penanggulangan bencana, khususnya rehabilitasi pasca bencana. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, MDMC Garut menggunakan berbagai teknik dengan dibagi menjadi 4 tim. Tim psikososial, tim pemberdayaan ekonomi, tim rehabilitasi-rekonstruksi dan tim gabungan. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan rehabilitasi pasca bencana ini berupa jaringan kerja sama, sumber daya manusia, skill dan pendanaan. Untuk faktor penghambatnya meliputi solidaritas yang kurang dominan, kerja sama dengan Pemerintah Daerah kurang maksimal, transparansi dan akses lokasi huntara yang berjauhan. Sedangkan untuk respon penerima manfaat terhadap MDMC, kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh MDMC sudah bagus. Hal itu dapat dilihat dari program yang diberikan oleh MDMC.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A.
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi Pasca Bencana, Banjir, Muhammadiyah Disaster Management Center
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:43
Last Modified: 16 Nov 2017 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28360

Actions (login required)

View Item View Item