IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Fetty Farhany, NIM. 13410221 (2017) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Fetty Farhany, Implementasi Full Day School dalam Membentuk Kualitas Akhlak Peserta Didik Kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kemerosotan akhlak generasi muda pada era globalisasi ini. Pada era globalisasi ini pendidikan sangat penting bagi peserta didik dalam menghadapi era globalisasi yang sangat pesat dan semakin hebat, yang tidak akan memberikan kemaslahatan bagi umat jika tidak diimbangi dengan akhlak yang mulia dari para pelakunya. Salah satu cara untuk menumbuhkembangkan akhlak yang mulia tersebut adalah melalui ilmu pendidikan agama khususnya ilmu pendidikan agama Islam. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui implementasi full day school dalam membentuk akhlak peserta didik, apa saja kegiatannya, dan faktor pendukung serta penghambat implementasi full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak delapan peserta didik. Merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Penulis juga menggunakan instrument kuesioner yang diberikan kepada 30 siswa kelas VII C untuk mengetahui prosentase akhlak mereka. Pembentukan akhlak dilakukan melalui kegiatan keagamaan yang berupa shalat dhuha bersama, shalat dhuhur dan ashar berjamaah, tilawah, muraja’ah dan alma’surat. Ada juga tim TEKAD dan tim Hikmatul Masjid yang memfasilitasi pembentukan akhlak peserta didik. Akhlak peserta didik terkait adab terhadap orang tua, guru, teman, diri sendiri dan beribadah sudah mengalami peningkatan menjadi lebih baik setelah mengikuti sistem full day school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pada akhirnya karakter peserta didik terbentuk menjadi disiplin, mandiri, patuh, dan bertanggung jawab. Faktor pendukung pembentukan akhlak di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta adalah guru yang bisa menjadi tauladan bagi peserta didik, dukungan dan kerjasama dari orang tua, kerjasama semua pihak baik guru, karyawan, orang tua dan masyarakat. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu modernisasi media informasi dan pergaulan antar sesama remaja. Kata kunci : full day school, membentuk, akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: full day school, membentuk, akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 09:00
Last Modified: 20 Nov 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum