UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA

Endar Riyanti, NIM. 13410228 (2017) UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
13410228_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA)
13410228_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

ENDAR RIYANTI. Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di MAN 5 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dengan adanya perkembangan kebudayaan yang modern memberikan dampak yang luar biasa khususnya pada nilai-nilai akhlak yang kian hari kian merosot. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang bercirikan keislaman memiliki tanggung jawab yang besar dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia terhadap peserta didik. Karena itu MAN 5 menyadari selain guru mata pelajaran layanan bimbingan dan konseling merupakan hal sangat perlu untuk mengantarkan peserta didik kearah yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, sehingga peserta didik memiliki akhlak yang beragam. Yang menjadi permasalahan peneliti adalah nilai apa saja yang diinternalisasikan, bagaimana menginternalisasikannya, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya, dan bagaimana hasil setelahnya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai yang diinternalisasikan, metode dan langkah bimbingan konseling dalam menginternalisasikan, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi internalisasi nilai dalam pelaksanaan bimbingan konseling di MAN 5 Sleman Yogyakarta. Serta untuk mendeskripsikan akhlak peserta didik setelah nilai-nilai akhlak di internalisasikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 5 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: Nilai-nilai akhlak yang di internalisasikan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di MAN 5 Sleman Yogyakarta mencakup akhalak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama, dan akhlak terhadap lingkungan. Dalam pembelajaran nilai BK menggunakan tahap-tahap diantaranya transformasi nilai, dilanjutkan dengan transaksi nilai kemudian transinternalisasi. Metode yang digunakan adalah pendoktrinasian keteladanan, pembiasaan Adapun faktor pendukung dalam proses penginternalisasian nilainilai akhlak adalahh sekolah yang berbasis agama, fasilitas sekolah yang memadai dan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan informasi dan pemantauan peserta didik di luar lingkungan sekolah, lingkungan pergaulan peserta didik, adanya kecenderungan dari masyarakat yaitu berupa sikap orang tua yang hanya menyerahkan pendidikan baik itu pendidikan skill maupun pendidikan akhlak kepada pihak sekolah saja, sikap apatis yang memang sudah tertanam kuat dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai - nilai, akhlak, pendidikan agama Islam
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 09:04
Last Modified: 20 Nov 2017 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item