UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS

Endin Kamiludin NIM : 02461302, (2009) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY INQUIRY LABORATORY LESSON SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 CIAMIS)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA (fisika) siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ciamis dengan menggunakan pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPA (fisika) siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Ciamis dengan menggunakan pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Ciamis tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, evaluasi. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa pemaparan frekuensi dan persentase kemampuan siswa dalam melaksanakan keterampilan proses yang dikembangkan dan pemahamannya dilihat dari prestasi belajar mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Pembelajaran fisika melalui pendekatan guided discovery inquiry laboratory lesson mampu meningkatkan keterampilan proses siswa, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu mencapai rerata kategori baik dari 34,4 menjadi 65,8. dan 2) Melalui pendekatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA (fisika). Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre test dan post test pada siklus I meningkat dari 5,5 menjadi 8,1 dan pada siklus II meningkat dari 7,5 menjai 8,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Warsono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Guided discovery inquiry laboratory lesson,keterampilan proses dan pemahaman konsep.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 12:22
Last Modified: 07 Dec 2016 06:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item