REMAJA DALAM PEMBERDAYAAN NASYIATUL ‘AISYIYAH (STUDI KASUS PROGRAM PASHMINA NASYIATUL ‘AISYIYAH DI KEBUMEN)

‘ALIN FATHARANI SILMI, NIM. 1520010046 (2017) REMAJA DALAM PEMBERDAYAAN NASYIATUL ‘AISYIYAH (STUDI KASUS PROGRAM PASHMINA NASYIATUL ‘AISYIYAH DI KEBUMEN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REMAJA DALAM PEMBERDAYAAN NASYIATUL ‘AISYIYAH (STUDI KASUS PROGRAM PASHMINA NASYIATUL ‘AISYIYAH DI KEBUMEN))
1520010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (REMAJA DALAM PEMBERDAYAAN NASYIATUL ‘AISYIYAH (STUDI KASUS PROGRAM PASHMINA NASYIATUL ‘AISYIYAH DI KEBUMEN))
1520010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap kekerasan yang menimpa perempuan dan anak-anak baik dari segi fisik maupun psikis yang semakin tahun semakin bertambah jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh sebuah organisasi perempuan untuk meminimalisir angka kekerasan terhadap perempuan dan anakanak, salah satunya ialah yang dilakukan oleh sebuah Organisasi Perempuan berbasis agama yaitu Nasyiatul ‘Aisyiyah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan melakukan pemberdayaan yang difokuskan kepada remaja, salah satunya ialah dengan program PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ‘Aisyiyah) yang merupakan mandat dari Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah. Meskipun Nasyiatul ‘Aisyiyah merupakan Organisasi perempuan, tetapi fokus dari pendampingan mereka tidak hanya kepada remaja perempuan saja tetapi juga remaja laki-laki. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan penelitian tehadap pendekatan yang dilakukan oleh Nasyiatul ‘Aisyiyah dalam pemberdayaan remaja, disertai dengan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pashmina. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara semi terstruktur agar penelitian berjalan lebih natural, penulis juga mendokumentasikan berupa foto dan data kepengurusan dari Nasyiatul ‘Aisyiyah beserta program kerja tahun 2013/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Pashmina merupakan program kerja yang baru berjalan kurang lebih dua tahun di Kabupaten Kebumen, dalam pelaksanaanya Pashmina memiliki beberapa Pos yaitu Pos Konseling, Pos Gizi dan Pos Kesehatan. 2) Dalam proses pemberdayaan Pashmina yang dilakukan oleh Nasyiatul ‘Aisyiyah Kebumen, menggunakan dua metode pendekatan yaitu pendekatan secara mikro dan mezzo. 3) Sasaran utama dalam pelaksanaan Pashmina ialah remaja, sebagian besar ialah siswa SMP dan SMA. Partisipan yang hadir di Pashmina sebagian besar berasal dari AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) yaitu SMP Muhammdiyah, SMA&SMK Muhammadiyah, Panti Putra& Putri Muhammdiyah Kebumen dan Muhammadiyah Boarding School Kebumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr Nina Mariani Noor, M.A,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Remaja, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Pashmina (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ‘Aisyiyah)
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Nov 2017 14:41
Last Modified: 20 Nov 2017 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item