PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUTINAN RA TIB AL-‘ATTAS (STUDI LIVING QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN THARIQ AL-JANNAH KEL. MUJA-MUJU, KEC. UMBULHARJO, KOTAMADYA YOGYAKARTA, D.I.Y)

MULYADI, NIM. 13530085 (2017) PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUTINAN RA TIB AL-‘ATTAS (STUDI LIVING QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN THARIQ AL-JANNAH KEL. MUJA-MUJU, KEC. UMBULHARJO, KOTAMADYA YOGYAKARTA, D.I.Y). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUTINAN RA TIB AL-‘ATTAS (STUDI LIVING QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN THARIQ AL-JANNAH KEL. MUJA-MUJU, KEC. UMBULHARJO, KOTAMADYA YOGYAKARTA, D.I.Y))
13530085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUTINAN RA TIB AL-‘ATTAS (STUDI LIVING QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN THARIQ AL-JANNAH KEL. MUJA-MUJU, KEC. UMBULHARJO, KOTAMADYA YOGYAKARTA, D.I.Y))
13530085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang rutinan atau amalan yang menunjukkan resepsi sosial masyarakat atau kelompok tertentu terhadap al- Qur’an. Dalam hal ini seperti dilakukan oleh lembaga pendidikan MDT Thariq al- Jannah yang beralamatkan di Gang Jami’an No. 1008, Rt. 34, Rw. 10 Jl. Kusumanegara, Kelurahan Muja-Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kotamadya Yogyakarta, Provinsi D.I.Y. lembaga pendidikan Thariq al-Jannah meniliki kegiatan rutin berupa pembacaan Ratib al-‘Attas yang didalamnya terkandung tiga unsur yaitu ayat-ayat al-Qur’an pilihan, salawat Nabi, dan do’a pilihan. Penelitian ini fokus pada bagaimana praktik dan pemaknaan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Ratib al-‘Attas yang diwujudkan melalui prilaku jama’ah di dalamnya baik santri maupun pengasuh lembaga pendidikan MDT Thariq al-Jannah. Jenis penelitian ini yaitu field research yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnograf sekaligus mengamati pembacaan ayat al-Qur’an yang terkandung di dalamnya. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data yang digunakan pada skripsi ini adalah deskritif analitif, hal ini bertujuan agar mengetahui alasan pembacaan ayat-ayat al- Qur’an dalam Ratib al-‘Attas dan mencapai pemahaman terhadap hasil penelitian secara kompleks. Sedangkan sudut pandang yang digunakan penulis ialah teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Hasil penelitian dalam tulisan ini adalah pertama, pembacaan ayat-ayat al- Qur’an dalam Ratib al-‘Attas merupakan praktik sosial keagamaan yang berkembang di lembaga pendidikan MDT Thariq al-Jannah yang dilakukan secara rutin setiap malam Jum’at setelah shalat Isya, dikediaman Kyai Faizin. Kedua, bacaan yang terkandung dalam Ratib al-‘Attas adalah susunan bacaan yang disusun Habib Umar bin Abdurrahman al-Attas dengan ayat-ayat al-Qur’an pilihan, salawat Nabi, dan do’a pilihan. Ketiga, selain bacaan Ratib al-‘Attas ada juga bacaan tambahan yang dibaca sebelum do’a dipanjatkan yaitu pembacaan shalawat al-Fatih sebanyak 1000 kali. Adapun makna dari pembacaan dalam rutinan Ratib al-‘Attas di lembaga pendidikan Thariq al-Jannah berdasarkan teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim ada tiga kategori makna yang diperoleh, yaitu makna obyektif sebagai rutinan Kyai Faizin dan santri, makna ekspresive sebagai bentuk ketaatan kepada guru, kedisiplinan, fadilah, dan akhlak. Serta makna dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Suryadi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Ayat-ayat Al-Qur'an, rutinan ratib Al-Attas
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:24
Last Modified: 21 Nov 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum