PENDIDIKAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PESANTREN TAHFIZ QUR’AN FANTASTIS DEPOK JAWA BARAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SANTRI

YAN YAN SUPRIATMAN, NIM. 1520010086 (2017) PENDIDIKAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PESANTREN TAHFIZ QUR’AN FANTASTIS DEPOK JAWA BARAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SANTRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PESANTREN TAHFIZ QUR’AN FANTASTIS DEPOK JAWA BARAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SANTRI)
1520010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PESANTREN TAHFIZ QUR’AN FANTASTIS DEPOK JAWA BARAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SANTRI)
1520010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena para penghafal al- Qur’an yang datang dari berbagai lingkungan dan kalangan masyarakat. Selain itu banyaknya terlihat dikalangan masyarakat yang khususnya datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa banyak yang tidak berkarakter karena disebabkan oleh arus globalisasi, westernisasi yang dikonsumsi tanpa filter dan tidak disiplin dalam pemanfaatan waktu. Untuk meminimalisir hal tersebut, seharusnya semua prosespendidikan di berbagai tempat dan jenis lembaga pendidikan menjadikan karakter sebagai tujuan dalam tercapainya proses pendidikan tersebut termasuk di Pesantren Tahfiz. Penelitian ini dilakukan di PTQ Fantastis karena banyak santri yang menghafal al-Qur’an di Pesantren ini dilaksanakan dengan waktu yang relatif sangat capat yaitu dalam waktu kurang dari enam bulan. Penelitian ini adalah jenis penelitia kualitatif dengan dua pendekatan yaitu pendekatan field research (penelitian lapangan) dan pendekatan fenomenologi.Dalam menentukan sampel penelitian yaitu menggunakan purposseful sampling. Menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai tekhnik dalam memperoleh data. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekhnik triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa di PTQ Fantastis memiliki empat program tahfiz dalam proses pelaksanaannya yaitu: Program Hafiz al-Qur’an Enam Bulan; Program Boarding atau Hafiz Cilik; Program Weekend Bersama al-Qur’an;dan Program Mahasiswa.Metode yang digunakan dalam pelaksanaannya dengan metode takrir, tadabur, dan setoran yang terjadwal dengan rapi. Empat tahap dalam proses evaluasi (harian, mingguan, bulanan dan akhir program).Aktualisasi nilai karakter yang terdapat pada diripara santri penghafal al-Qur’an adalah sebagai berikut: Nilai ketaatan dalamberagama, nilai mengharai dan menghormati, nilaiamanahdankejujuran,nilai tolernsi (tasamuh),nilaibersahabat/berkomunikasi (silaturrahim), dan kedamian, nilai disiplin dan teguh pendirian (Istiqomah), nilai sabar dan rendah hati, dan nilai teladan dalam hidup. Nilai-nilai karakter tersebut teraktualisasi dengan proses pembiasaan (habituasi atau classicalconditioning) dan faktor lingkungan.Kemudian pengalaman psikologi santri penghafal al-Qur’an; Motivasi (bersifat ekstrinsik dan transendental) dan pengalaman keagamaansantri dalam menghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: DR. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tahfiz al-Qur’an, karakter santri dan pengalaman psikologi
Subjects: Psikologi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:02
Last Modified: 21 Nov 2017 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item View Item