PENAFSIRAN CORAK FIQHI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR KARYA WAHBAH AZ-ZUHAILI DENGAN KONTEKS SOSIAL-POLITIK DI SEKITARNYA

M AMURSID, NIM. 1520010091 (2017) PENAFSIRAN CORAK FIQHI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR KARYA WAHBAH AZ-ZUHAILI DENGAN KONTEKS SOSIAL-POLITIK DI SEKITARNYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN CORAK FIQHI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR KARYA WAHBAH AZ-ZUHAILI DENGAN KONTEKS SOSIAL-POLITIK DI SEKITARNYA)
1520010091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN CORAK FIQHI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR KARYA WAHBAH AZ-ZUHAILI DENGAN KONTEKS SOSIAL-POLITIK DI SEKITARNYA)
1520010091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili (1932-2015) dapat dikatakan memiliki dua corak, fiqhi dan lughawi. Namun dari kedua corak tersebut, corak fiqhi yang lebih menonjol. Penafsiran az-Zuhaili yang termuat dalam sub-tema Fiqh al-Hayat menarik untuk diangkat menjadi sebuah penelitian, terutama jika dilihat dengan menggunakan kacamata sosio-historis dan konteks politik. Penelitian ini secara khusus akan menganalisis corak fiqhi dalam Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili, dengan mencoba membangun sebuah dialektika antara teks al-Qur‟an dengan realitas sekitarnya, termasuk beberapa hal yang berhubungan dengan konteks politik, yakni pandangannya terkait hubungan internasional (international relation) antara umat Muslim dan Barat lewat perspektif yurisprudensi. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini meliputi dua hal. Pertama, bagaimana karakteristik corak Fiqhi dalam Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili?; Kedua, apa relavansi dan korelasi penafsiran corak fiqh dalam Tafsir al-Munir dengan konteks sosial-politik di Syiria? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana karakteristik corah fiqhi dalam Tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili. Disamping itu juga, penelitian ini bermaksud mengungkapkan relavansi dan korelasi penafsiran corak fiqh dalam Tafsir al-Munir karya wahbah Az- Zuhaili dengan konteks sosial politik. Hal ini dilakukan untuk menelusuri warna fiqhi dalam kitab tafsir tersebut dan dianalisis dengan pendekatan sosial-politik. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa penulis mengkaji dengan tiga kelompok ayat dalam konteks sosio-politik, diantaranya; pertama, ayat-ayat perang, kedua ayat pernikahan beda agama dan ketiga ayat-ayat toleransi. Dalam masalah peperangan, az-Zuhaili memberikan wacana yang cukup panjang meliputi empat hal (1) penyebab perang, (2) hubungan antara perang dan jihad, (3) aturan, norma dan konvensi yang mengatur pelaksanaan perang dan (4) akhir perang. Mengenai pernikahan beda agama hanya diperkenankan bagi Muslim dengan wanita Ahli Kitab. Sedangkan penafsiran ayat-ayat toleransi menunjukkan bahwa tiada paksaan dalam memeluk agama Islam, tidak boleh menghina satu sama lain dan perbedaan sudah menjadi kodrat Ilahi. Selanjutnya relevansi dan korelasi penafsiran az-Zuhaili dalam situasi politik di Syiria. Dalam perpolitikan Syiria posisi az-Zuhaili dapat dikatakan: pertama, pro dengan pemerintah sebelum terjadinya huru-hara sejak tahun 2011. Kedua, Setelah tahun itu, posisi az-Zuhaili dapat dikatakan sebagai oposisi yang mendukung pemberontak untuk menggulingkan rezim yang berkuasa karena adanya kediktatoran dan kezaliman, namun dengan cara negoisasi, bukan kekerasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Baedlowi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Corak Fiqhi, Tafsir al-Munir, Wahbah az-Zuhaili dan Konteks Sosial-Politik.
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:02
Last Modified: 21 Nov 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum