PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA ANGKA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2015

SUYONO, NIM. 12350075 (2017) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA ANGKA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA ANGKA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2015)
12350075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGINYA ANGKA CERAI GUGAT DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN TAHUN 2015)
12350075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Perkawinan idealnya satu kali dalam seumur hidup, Oleh karenanya segala daya upaya harus dilakukan agar hubungan suami-isteri berkekalan hingga akhir hayat. Akan tetapi dalam menjalani hidup berumah tangga tidak selamanya sesuai dengan apa yang diinginkanya, Banyak Ujian kehidupan dalam Rumah tangga yang salah dalam menyikapinya membuat kehidupan rumah-tangga terjadi konflik yang akhirnya berujung pada perceraian. Perceraian yang terjadi belakangan tahun ini lebih banyak didominasi oleh isteri yang mengajukan perceraian atau cerai gugat. Pada tahun 2015 Pengadilan Agama Sleman menerima kasus cerai gugat sebanyak 1045 perkara. Dengan jumlah kasus cerai gugat 1045 ini, Pengadilan Agama Sleman mendapat rangking pertama se DIY, disusul PA Wonosari dengan jumlah 1007 perkara, kemudian PA Bantul dengan jumlah 984 perkara, kemudian PA Yogyakarta dengan jumlah 493 perkara dan PA Wates dengan jumlah 426 perkara cerai gugat. Melihat data tersebut penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap faktor-faktor Penyebab tingginya angka cerai gugat yang terjadi di PA Sleman pada tahun 2015. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian yang bersifat Deskriptif-Analitik. penyusun mendeskripsikan dan menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingginya angka cerai gugat di Pengadilan Agama Sleman. Adapun Metode Analisa Data yang digunakan adalah Kualitatif yaitu setelah data terkumpul diuraikan dan disimpulkan dengan cara Induktif dan Deduktif, sedangkan untuk pendekatanya menggunakan Normatif Sosiologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya Angka cerai gugat di PA Sleman yaitu tidak adanya Keharmonisan, tidak adanya Tanggung jawab dan faktor Ekonomi. faktor pendukung lainya yaitu gangguan Pihak Ketiga, krisis Akhlak, Cemburu, Lain-lain, Politis, Kawin Paksa, Kekejaman Jasmani, cacat Biologis dan kekejaman Mental. Pandangan Hukum Islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya angka Cerai Gugat di PA Sleman tahun 2015 adalah dengan pertimbangan bahwa Kemudaratan yang ringan harus diambil daripada Kemudaratan yang berat diantara pertentangan ke-Mafsadatan, dan kaidah Fikiyah bahwa Kemudaratan harus dihilangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. YASIN BAIDI, S. Ag., M. Ag. 2. MANSUR, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, cerai, gugat
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Nov 2017 00:51
Last Modified: 22 Nov 2017 00:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28421

Actions (login required)

View Item View Item