RELEVANSI BACAAN AL-QUR’AN DAN ŻIKIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS JAMA’AH MAJELIS SEMAAN AL-QUR’AN DAN DZIKRUL GHOFILIN DI PONDOK PESANTREN AL-MUJAHADAH LEMPUYANGAN KOTA YOGYAKARTA)

NAJIB UBAIDILLAH, NIM. 12350077 (2017) RELEVANSI BACAAN AL-QUR’AN DAN ŻIKIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS JAMA’AH MAJELIS SEMAAN AL-QUR’AN DAN DZIKRUL GHOFILIN DI PONDOK PESANTREN AL-MUJAHADAH LEMPUYANGAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI BACAAN AL-QUR’AN DAN ŻIKIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS JAMA’AH MAJELIS SEMAAN AL-QUR’AN DAN DZIKRUL GHOFILIN DI PONDOK PESANTREN AL-MUJAHADAH LEMPUYANGAN KOTA YOGYAKARTA))
12350077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI BACAAN AL-QUR’AN DAN ŻIKIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS JAMA’AH MAJELIS SEMAAN AL-QUR’AN DAN DZIKRUL GHOFILIN DI PONDOK PESANTREN AL-MUJAHADAH LEMPUYANGAN KOTA YOGYAKARTA))
12350077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Keluarga harmonis merupakan suatu dambaan yang sangat diinginkan oleh setiap pasangan dalam berumah tangga. Apalagi dalam pembentukan rumah tangga selalu dihiasai dengan pembacaan al-Qur’an dan żikir kepada Allah SWT. Banyaknya persoalan sering dihadapi dalam kehidupan rumah tangga dan salah satunya ketidakmampuan pasangan suami istri yang berdampak pada kurangnya kehidupan yang harmonis. Melihat minat masyarakat dalam mengikuti Majlis Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin semakin banyak serta Visi dan Misi membentuk keluarga yang harmonis. Ketidak tenangan dalam diri kita dapat diatasi dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dan żikir maka disinilah perlu diperhatikan untuk mengupayakan selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara membaca Al-Qur’an dan berdżikir. Diantranya dengan mengikuti majlis seman Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Mujahadah Lempuyangan Kota Yogyakarta. Akan sangat menarik jika penelitian tentang relevansi bacaan al-Qur’an dan żikir terhadap keharmonisan keluarga secara komperatif dapat mengungkap pembentukan rumah tangga dalam suatu majelis. Atas latar belakang di atas penulis mengadakan penelitian tentang relevansi bacaan Al-Qur’an dan żikir yang dilakukan oleh jamaah Majelis Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghoflin terhadap keharmonisan dalam rumah tangga dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-analitis, yaitu penelitian yang menggunakan pengambilan data dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap jamaah. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan nash-nash yang ada baik dari Al-Qur’an maupun hadis. Kegiatan Majelis Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghoflin yang sudah berjalan bertahun-tahun. Mereka yang telah lama mengikuti majlis tersebut merasa bahwa kehidupan mereka banyak berubah. Dari yang semula jauh dari agama sekarang menjadi orang yang taqwa. Mereka yang mendapatkan pencerahan pikiran mereka menjadi jernih karena selalu membaca dzikir dan dengan pikiran yang jernih mereka dapat mengatur kehidupan dengan baik, termasuk mengatur kehidupan dalam rumah tangga dengan berbekal membaca Al- Qur’an dan Dzikir mereka meneladani kehidupan Rasulullah. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa relevansi semaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mujahadah Lempuyangan Kota Yogyakarta menunjukan kegiatan amaliah yang dilakukan oleh jamaah mempunyai peran dan manfaat serta pengaruh positif dalam membentuk keluarga yang harmonis. Dengan sering mengikuti Majelis Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin di Pondok Pesantren Al-Mujahadah akan membuat hati tenang dan ketenangan hati yang dirasa membawa pengaruh untuk mewujudkan terhadap keharmonisan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MANSUR, S.Ag.,M. Ag
Uncontrolled Keywords: AL QUR'AN, ZIKIR, RUMAH TANGGA
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:54
Last Modified: 22 Nov 2017 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item View Item