TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH TERHADAP ATURAN POLIGAMI DI INDONESIA (STUDI PASAL 3, 4 DAN 5 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN)

ILHAM UTOMO, NIM. 13350011 (2017) TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH TERHADAP ATURAN POLIGAMI DI INDONESIA (STUDI PASAL 3, 4 DAN 5 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH TERHADAP ATURAN POLIGAMI DI INDONESIA (STUDI PASAL 3, 4 DAN 5 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN))
13350011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH TERHADAP ATURAN POLIGAMI DI INDONESIA (STUDI PASAL 3, 4 DAN 5 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN))
13350011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menjelaskan dan mengatur tentang poligami. Poligami yang terdapat dalam pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan secara tekstual seakan menggambarkan sebuah ketidakadilan, namun sesungguh hal ini berbanding terbalik bila dilihat lebih dalam lagi. Hal inilah yang menjadi tujuan penulis dalam mengkaji pasal 3, 4 dan 5 yakni menemukan makna dibalik aturan tersebut. Pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan adalah pasalpasal yang mengatur terkait poligami di Indonesia. Poligami yang tertera pada pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan haruslah mempunyai tujuan hukum yang melambangkan cita-cita utama perkawinan yakni membentuk keluarga bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Penelitian tentang poligami ini akan dilihat dari sudut pandang tujuan hukum, yang dalam agama Islam dikenal dengan istilah Maqāṣid asy-Syarīʻah atau tujuan-tujuan hukum, yang juga berarti bahwa setiap hukum pasti memiliki tujuannya masingmasing. Tujuan-tujuan dari hukum tersebut kemudian mampu mewujudkan nilai keadilan dan kemaslahatan manusia. Penelitian terkait poligami berdasarkan pemaparan di atas kemudian merumuskan pokok masalah, yakni bagaimana tinjauan Maqāṣid asy-Syarīʻah terhadap pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun !974 tentang perkawinan dalam hal poligami. Penelitian ini kemudian bertujuan mengkaji pasal 3, 4 dan 5 Undang-Udang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan dalam hal poligami terhadap tujuan utama perkawinan yakni, ketenangan, cinta dan kasih sayang. Tujuan Utama perkawinan ketenangan, cinta dan kasih sayang (sakīnah, mawaddah waraḥmah) dalam penerapannya mendapat keturunan, menunaikan kebutuhan biologis, menjaga kehormatan dan ibadah. Tujuan ini kemudian dikaitkan dengan agama (ḥifẓ ad-Dīn), harta (ḥifẓ al-Māl), jiwa (ḥifẓ an-Nafs), keturunan (ḥifẓ an-Nasl), akal (ḥifẓ al-̒Aql) dan kehormatan (ḥifẓ al-̒Irḍ) yang menjadi poin-poin penting dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan pendekatan filosofis. Pendekatan normatif yang merujuk pada fikih munākaḥat dan pendekatan filosofis yang merujuk pada Maqāṣid asy-Syarīʻah. Tinjauan Maqāṣid asy-Syarīʻah terhadap pasal 3, 4 dan 5 UU 1/1974 tentang perkawinan yang membahas poligami memberikan kesimpulan bahwa poligami dalam aturan pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan bergerak secara fleksibel dapat diartikan aḍ-Ḍarūriyyāt, al-Ḥājiyyāt, dan at-Taḥsīniyyāt ini sesuai dengan kebutuhannya. Poligami bergerak dari aḍ-Ḍarūriyyāt sampai pada at- Taḥsīniyyāt ataupun sebaliknya bergerak dari at-Taḥsīniyyāt sampai pada aḍ-Ḍarūriyyāt dengan pertimbangan agama (ḥifẓ ad-Dīn), harta (ḥifẓ al-Māl), jiwa (ḥifẓ an-Nafs), keturunan (ḥifẓ an-Nasl), akal (ḥifẓ al-̒Aql) dan kehormatan (ḥifẓ al-̒Irḍ). Kata kunci: Pasal, 3, 4 dan 5 UU No. 1/1974, Poligami, Maqāṣid asy-Syarīʻah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. FATMA AMILIA S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pasal, 3, 4 dan 5 UU No. 1/1974, Poligami, Maqāṣid asy-Syarīʻah.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:00
Last Modified: 22 Nov 2017 01:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item