KELUARGA SAKINAH DALAM PERKAWINAN POLIGAMI (STUDI KASUS : KELUARGA K. UHI SHOLAHI KETUA PCNU KABUPATEN PANDEGLANG)

MAHRUS SHALAH, NIM. 13350036 (2017) KELUARGA SAKINAH DALAM PERKAWINAN POLIGAMI (STUDI KASUS : KELUARGA K. UHI SHOLAHI KETUA PCNU KABUPATEN PANDEGLANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KELUARGA SAKINAH DALAM PERKAWINAN POLIGAMI (STUDI KASUS : KELUARGA K. UHI SHOLAHI KETUA PCNU KABUPATEN PANDEGLANG))
13350036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KELUARGA SAKINAH DALAM PERKAWINAN POLIGAMI (STUDI KASUS : KELUARGA K. UHI SHOLAHI KETUA PCNU KABUPATEN PANDEGLANG))
13350036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Keluarga sakinah merupakan dambaan setiap pasangan suami isteri, dan menjadi tujuan dari perkawinan. Tidak ada satupun pasangan yang menginginkan memiliki kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis dan sejahtera, akan tetapi banyak anggapan bahwa keluarga sakinan hanya akan diperoleh melalui perkawinan monogami, sedangkan dalam Islam terdapat dua bentuk perkawinan, yaitu poligami dan monogami. Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah ketika adanya keluarga yang tetap sakinah dalam perkawinan poligami. Dalam riset terhadap pernikahan poligami, ditemukan fakta bahwa keluarga informan melakukan pernikahan poligami sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan didasarkan pada kesadaran atas pertimbangan ideologis dan logis dari keluarga mereka, dikelola dengan trasnparan, serta berlaku adail secara lahir dan batin. Tidak semua keluarga poligami berakhir dengan tidak sejahtera, perceraian dan anak-anak terlantar. Penelitian ini termasuk penelitian field research yang dilaksanakan di Keluaraga K. Uhi Solahi Ketua PCNU Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yaitu menguraikan suatu masalah yang dalam hal ini adalah Keluarga sakinah dalam perkawinan poligami. Sumber data primer dari penelitian ini adalah wawancara dengan K. Uhi Solahi, kedua isteri dan anakanaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, tidak mengkaji aspek teologis, tetapi lebih kepada aspek non teologis bahkan bersifat persepsi personal subyek penelitian. Dalam penelitian ini juga tidak bertujuan membenturkan kedua kubu yang pro dan kontra poligami, tetapi, merupakan sebuah upaya memotret kontruksi poligami di keluarga yang dapat membangun keharmonisan dalam poligami. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa K. Uhi Solahi telah mampu membangun keluarga sakinah dalam perkawinan poligami. Dikarenakan berbagai macam faktor, salah satunya adalah penerimaan dari kedua isteri dan berlaku adil dalam segala hal. K. Uhi memiliki dua orang isteri dan tujuh anak yang hidup berdampingan dalam satu lingkungan. Kedua isterinyapun tampak akrab, saling membantu dan saling melengkapi satu sama lain. Anak-anak K. Uhi Solahi, baik dari isteri pertama ataupun isteri kedua terlihat rukun dan bahagia. Dalam mengelola keluarga poligami K. Uhi Solahi tidak membeda-bedakan antara isteri pertama dan isteri kedua. Kedua isterinya memiliki peranan masing-masing dalam rumah tangga, dan keduanya bisa saling melengkapi satu sama lain. Begitu pula dengan anak-anaknya, baik dari isteri pertama maupun isteri kedua, K. Uhi Solahi tidak memberikan perlakuan yang khusus kepada salah satu anaknya. Semua anaknya mendapatkan kasih sayang dan pendidikan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DR. AHMAD BUNYAN WAHIB, M.Ag, M.A 2. MANSUR, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Poligami, sakinah
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Feb 2018 09:36
Last Modified: 26 Feb 2018 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

View Item View Item