PSIKOTERAPI ZIKIR DAN REVITALISASI KEPRIBADIAN (STUDI ASPEK PSIKOSOSIAL KORBAN NARKOBA DI PP INABAH XIX SURABAYA)

M HAFID AKHIRIAWAN, NIM. 1520011027 (2017) PSIKOTERAPI ZIKIR DAN REVITALISASI KEPRIBADIAN (STUDI ASPEK PSIKOSOSIAL KORBAN NARKOBA DI PP INABAH XIX SURABAYA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PSIKOTERAPI ZIKIR DAN REVITALISASI KEPRIBADIAN (STUDI ASPEK PSIKOSOSIAL KORBAN NARKOBA DI PP INABAH XIX SURABAYA))
1520011027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PSIKOTERAPI ZIKIR DAN REVITALISASI KEPRIBADIAN (STUDI ASPEK PSIKOSOSIAL KORBAN NARKOBA DI PP INABAH XIX SURABAYA))
1520011027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Fenomena kenakalan remaja sekarang sangat memprihatinkan. Kurangnya nilai etika kepribadian dan pengetahuan agama seorang remaja membuatnya rentan terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Dalam penerimaan santri IPWL PP Inabah tidak memandang latar belakang sosial dan budaya calon santri serta tidak memandang jenis penggunaan narkoba. Keberhasilan rehabilitasi narkoba terhadap santri rehabilitasi memerlukan hubungan yang harmonis antara pekerja sosial dan santri. Pekerja sosial dalam merespon kasus dan memenuhi kebutuhan santri mampu membentuk suatu ikatan emosional sehingga dapat mengembangkan keilmuanya dalam intervensi. Selain pengetahuan umum, pekerja sosial juga ditambah pemahaman keilmuan agama Islam karena akan mempunyai nilai plus dalam intervensi korban narkoba. Santri narkoba yang melakukan rehabilitasi sosial di Inabah seringkali berhasil dalam mencapai keberfungsian sosial. Oleh karena itu, peneliti ini memiliki fokus penelitian pada psikoterapi zikir dan revitalisasi kepribadian dalam aspek psikososial korban narkoba di IPWL PP Inabah XIX Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang memiliki model mendeskripsikan dan memberi makna hasil penelitian. Subyek penelitian adalah psikoterapi zikir, kepribadian, dan aspek psikososial korban penyalahgunaan narkoba. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan bola salju. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan mencakup tiga cara yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikoterapi zikir mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan revitalisasi kepribadian residen/santri narkoba. Dari aspek psikososial santri di IPWL PP Inabah lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat membentengi diri dari perbuatan tercela, santri mempunyai jiwa kesadaran, dan lebih percaya diri dalam kehidupan bersosial Dan kegiatan keagamaan. Psikoterapi zikir dan revitalisasi kepribadian memiliki dampak kemajuan pada diri santri saat berada dalam tempat rehabilitasi. Kemajuan perubahan kepribadian pada diri santri disebabkan oleh pemahaman nilai-nilai agama, yang diterapkan oleh IPWL PP Inabah XIX Surabaya. Selain itu, faktor yang mempengaruhi adanya program IPWL dari Kementrian Sosial antara lain proses asesmen, konseling, terapi kelompok, terapi psikososial, vokasional, dan home visit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Zulkipli Lessy BSW., M.S.W., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Zikir, Revitalisasi Kepribadian, Psikososial
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2017 08:51
Last Modified: 22 Nov 2017 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item View Item