TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PERUBAHAN PERUNTUKAN DAN NADZIR WAKAF (STUDI KASUS DI DESA PLESET, KECAMATAN PANGKUR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR)

FATAHILLAH NUR KHOLID UMAR, NIM. 13350088 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PERUBAHAN PERUNTUKAN DAN NADZIR WAKAF (STUDI KASUS DI DESA PLESET, KECAMATAN PANGKUR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PERUBAHAN PERUNTUKAN DAN NADZIR WAKAF (STUDI KASUS DI DESA PLESET, KECAMATAN PANGKUR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR))
13350088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PERUBAHAN PERUNTUKAN DAN NADZIR WAKAF (STUDI KASUS DI DESA PLESET, KECAMATAN PANGKUR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR))
13350088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Wakaf adalah menahan harta kepemilikan diri sendiri tanpa mengurangi harta tersebut untuk diambil manfaatnya sebagai sarana keagamaan atau kesejahteraan umum. Sebagaimana yang terjadi di Desa Pleset, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Perwakafan yang terjadi di Desa Pleset ketika ikrar wakaf, wakif mewakafkan tanahnya untuk masjid Nurul Islam, namun dalam pelaksanaan peruntukannya nadzir mengubah menjadi sarana pendidikan. sehingga menimbulakan perbedaan pendapat di masyarakat. Masalah tersebut dapat diseleseikan dari segi Hukum Islam (pendapat ulama mazhab) dan dari segi Hukum Positif (Undangundang No.41 tahun 2004 tentang Wakaf). Berdasarkan uraian tersebut, penulis menganalisisnya dengan dua pokok permasalahan, yaitu: apa yang melatarbelakangi perubahan peruntukan tanah wakaf aset masjid Nurul Islam menjadi sarana pendidikan dan nadzir wakaf ? Serta bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap perubahan tersebut ? Penelitian yang digunakan bersifat preskriptif analitik dengan pendekatan normatif-yuridis. Metode analisisnya berdasarkan hukum Islam dihubungkan dengan teori perubahan dalam kaidah ushul fiqih dan metode penetapan hukum Islam maslahah mursalah, serta berdasarkan Undang-undang No.41 tahun 2004 tentang Wakaf. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan pola pikir deduktif dan induktif. Proses perubahan peruntukan tanah wakaf aset masjid Nurul Islam menjadi SMK berbasis Islam karena masyarakat tidak membutuhkan tanah pertanian tersebut untuk dibangun masjid dan di dekat lokasi tanah wakaf tersebut sudah berdiri masjid. Masyarakat sangat membutuhkan pendidikan formal yaitu berupa SMK, karena di wilayah Kecamatan Pangkur belum ada sekolah tingkat SMA, serta masyarakat menganggap bahwa dengan berdirinya SMK ke depannya akan lebih bermanfaat daripada masjid. Sedangkan perubahan nadzirnya dikarenakan nadzir perseorangan telah meninggal dan masyarakat khawatir atas pengelolaan tanahnya. Perubahan peruntukan tanah wakaf aset masjid menjadi SMK dan SMP berbasis Islam dalam hukum Islam dapat dibenarkan, sedangkan menurut hukum positif yaitu Undangundang No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf belum bisa dilaksanakan karena tidak sesuai dengan Pasal 41 yang mengharuskan ada tanah pengganti. Adapun mengenai perubahan nadzirnya dapat dibenarkan karena sudah sesuai prosedur dari Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. DRS. SUPRIATNA, M.Si. 2. DR. SAMSUL HADI, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Wakaf
Subjects: Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2017 15:45
Last Modified: 29 Nov 2017 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28481

Actions (login required)

View Item View Item