KARAKTERISASI PARAMETER PETROFISIKA DAN MODEL 3-D RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN MICRO COMPUTED TOMOGRAPHY (μCT)

Mahendra Risky Habibi, NIM. 13620032 (2017) KARAKTERISASI PARAMETER PETROFISIKA DAN MODEL 3-D RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN MICRO COMPUTED TOMOGRAPHY (μCT). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISASI PARAMETER PETROFISIKA DAN MODEL 3-D RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN MICRO COMPUTED TOMOGRAPHY (μCT))
13620032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISASI PARAMETER PETROFISIKA DAN MODEL 3-D RESERVOAR KARBONAT MENGGUNAKAN MICRO COMPUTED TOMOGRAPHY (μCT))
13620032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini telah mengembangkan karakterisasi dan model 3-D dari batuan reservoar karbonat berasal dari Sumatra Selatan dengan formasi X pada kedalaman 1000 sekian meter. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui nilai besaran fisis petrofisika seperti porositas, spesific surface area, dan permeabilitas. Selain itu juga dikembangkan model 3-D dari sampel batuan reservoar karbonat yang dibagi menjadi lima sampel, yaitu A, A1, A3, dan sub sampel C1, C2 dari sampel A3. Instrumen yang digunakan adalah mikro-CT Scan Skyscan 1173. Proses karakterisasi batuan karbonat megunakan metode thresholding Global Otshu dan Local Adaptive untuk menentukan porositas, spesific surface area, dan permeabilitas diestimasikan dengan menggunakan metode Lattice Boltzmann. Sampel A, A1, dan A3 memberikan hasil porositas sebesar 13,2%, 37.0%, dan 13,9% sudah mendekati hasil perhitungan laboratorium petrofisika yang bernilai 13,9%. Spesific surface area sampel A, A1, dan A3 menunjukkan perbedaan hasil yang cukup besar yaitu orde 10-1 s.d 10-2 dikarenakan perbedaan resolusi dari citra yang menyebabkan kualitas yang berbeda-beda. Nilai estimasi permeabilitas dari sampel A3 mendapatkan hasil sebesar 1,7 mD dan 11,3 mD, sedangkan hasil perhitungan laboratorium petrofisika sebesar 1,8 mD. Hasil pengolahan yang dimodelkan secara 3-D menggunakan CT-Vox telah memberikan hasil yang cukup baik dengan terlihatnya konektivitas pori pada citra sampel. Hal itu membuktikan semakin tinggi nilai porositas yang didapatkan pada sebuah batuan, maka nilai permeabilitas juga tinggi. Kata-kata kunci: Mikro-CT Scan, Porositas, Spesific surface area, Permeabilitas, Thresholding, Global Otshu, Local Adaptive, CT-Vox, dan Lattice Boltzmann.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Thaqibul Fikri Niyartama M.Si
Uncontrolled Keywords: Mikro-CT Scan, Porositas, Spesific surface area, Permeabilitas, Thresholding, Global Otshu, Local Adaptive, CT-Vox, dan Lattice Boltzmann.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Nov 2017 10:52
Last Modified: 24 Nov 2017 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum