TEORI BELAJAR HUMANISTIK CARL RANSOM ROGERS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Downloads

Downloads per month over past year

YUYUN WAHYUDIN NIM. 05410041, (2009) TEORI BELAJAR HUMANISTIK CARL RANSOM ROGERS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (TEORI BELAJAR HUMANISTIK CARL RANSOM ROGERS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (920Kb)
[img] Text (TEORI BELAJAR HUMANISTIK CARL RANSOM ROGERS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang teori belajar humanistik Carl Ransom Rogers dan mencari implikasinya terhadap metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pengembangan metode Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka (Library Research), yaitu studi pemikiran Carl Ransom Rogers tentang teori belajar humanistik dengan metode yang berpusat pada peserta didik (Student- Centered). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan cara mencari, memilih, menyajikan dan menganalisis data-data dari literatur atau sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Deskriptif yaitu menggambarkan sifat-sifat individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu, atau untuk menentukan ada tidaknya hubungan suatu gejala dengan gejala lain dalam ruang lingkup sosial. Sedangkan analitik adalah cara yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan mengadakan pemerincian terhadap objek yang diteliti dengan jalan memilah dan memilih antara suatu pengertian dengan pengertian yang lain untuk memperoleh kejelasan mengenai objek. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Teori belajar humanistik Rogers adalah menitikberatkan pada metode student-centered, dengan menggunakan quot;komunikasi antar pribadi quot; yaitu berpusat pada peserta didik dengan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik untuk dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam suatu kehidupan.Yang terpenting dari Rogers adalah proses suasana (emotional approach) dalam pembelajaran bukan hasil dari belajar. Seorang guru harus lebih responsif terhadap kebutuhan kasih sayang dalam proses pendidikan. Perasaan gembira, tidak tertekan, nyaman adalah hal yang dinginkan dalam proses pembelajaran (2) Implikasi teori belajar humanistik Rogers terhadap metode pembelajaran PAI adalah lebih menunjuk pada ruh atau spirit selama proses pembelajaran yang mewarnai metode-metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih menekankan pada pembawaan metodenya. Seperti metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemecahan masalah, dan metode demonstrasi. Sehingga posisi guru menjadi fasilitator, motivator, dan stimulator. Guru hanya memfasilitasi pembelajaran peserta didiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar, Humanistik, Carl Ransom Rogers, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 12:46
Last Modified: 03 Sep 2012 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item