PLURALITAS AGAMA MENURUT PANDANGAN TOKOH-TOKOH AGAMA KAHARINGAN DI KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN

ABDUL HAMID, NIM. 1520510064 (2017) PLURALITAS AGAMA MENURUT PANDANGAN TOKOH-TOKOH AGAMA KAHARINGAN DI KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PLURALITAS AGAMA MENURUT PANDANGAN TOKOH-TOKOH AGAMA KAHARINGAN DI KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN)
1520510064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PLURALITAS AGAMA MENURUT PANDANGAN TOKOH-TOKOH AGAMA KAHARINGAN DI KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN KALIMANTAN SELATAN)
1520510064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Pluralitas agama atau kemajemukan agama adalah kondisi yang tidak dapat ditolak oleh manusia. Satu hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana menyikapi kemajemukan tersebut. Sejauh ini tercatat beberapa sikap yang digunakan oleh para pemeluk agama dalam menyikapi agama lain di antaranya adalah pluralitas. Model kemajemukan muncul sebagai sikap yang dipandang sesuai untuk merespon kemajemukan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pluralitas agama menurut pandangan tokoh-tokoh agama Kaharingan di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan dan peran tokoh-tokoh agama Kaharingan di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan untuk mempertahankan ajaran agamanya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Adapun metode pada penelitian ini adalah metode observasi langsung terjun ke lapangan di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, wawancara, dan dokumentasi. Pluralitas menurut tokoh-tokoh agama Kaharingan di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan adalah ada tokoh-tokoh agama Kaharingan yang berpendapat inklusif yakni tetap berpegang teguh dengan ajaran nenek moyang mereka dan ada yang berpendapat eklusif yakni terbuka dengan kehadiran agama lain, memeluk agama itu merupakan keinginan masing-masing menurut kenyakinannya, bahkan dalam agama Kaharingan banyak yang memilih untuk memeluk agama yang berbeda-beda, bahkan mereka juga menghadiri acara dari agama lain, karena mereka mempunyai prinsip berasal dari nenek moyang yang sama. Tokoh-tokoh agama Kaharingan memilki peran yang sangat berarti dalam mempertahankan ajaran agamanya, baik itu sebagai fartisifatf, mediatif dan fasilitatif dengan cara memperkenalkan nilai-nilai ajaran agama Kaharingan kepada anak-anaknya, dan dalam memimpin acara keagamaan dan tradisi yang didukung oleh pihak pemerintah sehingga dapat dikenal oleh orang yang bukan beragama Kaharingan. Tokoh-tokoh agama Kaharingan dipandang sebagai panutan masyarakat yang dianggap memiliki pengaruh karismatik sehingga dapat memberikan kehidupan yang harmonis bagi masyarakat Dayak yang ada di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: H. Ahmad Muttaqin, M.Ag.MA., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Pluralitas Agama, Agama Kaharingan, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan,
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:30
Last Modified: 28 Nov 2017 03:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item View Item