“ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA SKRIPSI MAHASISWA PRODI PBA INSURI PONOROGO WISUDA 2014/2015” (TELAAH TEORI TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIC)

LU’LU UN NISAI, NIM. 1520511007 (2017) “ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA SKRIPSI MAHASISWA PRODI PBA INSURI PONOROGO WISUDA 2014/2015” (TELAAH TEORI TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIC). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA SKRIPSI MAHASISWA PRODI PBA INSURI PONOROGO WISUDA 2014/2015” (TELAAH TEORI TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIC))
1520511007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (“ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKAL PADA SKRIPSI MAHASISWA PRODI PBA INSURI PONOROGO WISUDA 2014/2015” (TELAAH TEORI TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIC))
1520511007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Setiap manusia mempunyai kemampuan untuk menguasai setiap bahasa, termasuk bahasa Arab, walaupun dalam kadar dan dorongan yang berbeda. Bahasa Arab merupakan bahasa kedua, pengajaran bahasa Arab dimulai sejak taman kanak-kanak. Ini berarti bahwa pembinaan bahasa telah dimulai sejak dini. Namun ternyata masih terdapat banyak kesalahan dan persoalan dalam berbahasa Arab. Kesalahan seperti ini disebut sebagai kesalahan berbahasa. INSURI sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta di Ponorogo, memberikan tugas akhir berupa skripsi kepada seluruh mahasiswanya sebagai salah satu syarat akademik untuk memperoleh gelar sarjana. Peneliti menemukan beragam kesalahan yang dapat ditemukan dalam skripsi mahasiswa prodi PBA Institut Sunan Giri Ponorogo, sehingga menjadi salah satu pembuktian bahwa pada skripsi mahasiswa prodi PBA masih banyak ditemukan kesalahan dalam penggunaan bahasa dalam menulis sebuah skripsi. Peneliti, dalam hal ini perlu mengangkat tema ‚Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Skripsi Mahasiswa Prodi PBA INSURI Ponorogo Tahun Wisuda 2014/2015‛ dengan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apa bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi pada skripsi mahasiswa prodi PBA Insuri Ponorogo tahun 2014/2015? (2) Apa bentuk kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada skripsi mahasiswa prodi PBA Insuri Ponorogo tahun 2014/2015? (3) Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan berbahasa tataran morfologi dan sintaksis pada skripsi mahasiswa prodi PBA Insuri Ponorogo tahun 2014/2015?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan bersifat deskriptif analitik. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan tekhnik baca dan catat dan tekhnik dokumentasi, sedangkan analisis pembahasan akan lebih disignifikan dan direlevansikan dengan metodologi analisis kesalahan berbahasa, yaitu mengumpulkan kesalahan, mengidentifikasi kesalahan, menjelaskan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan dan mengevaluasi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan morfologi terjadi pada penghilangan unsur (afiks ya, alif, dan ta), kesalahbentukan fi’l mudhari’, kesalah bentukan jama’ menjadi mufrad, kesalah bentukan fi’l menjadi masdar, pergantian huruf, dan reduplikasi. Kesalahan pada ranah sintaksis antara lain terjadi pada kesalahbentukan ism, fi’l , frasa, klausa, kesalahurutan na’at man’ut, kesalahan penyusunan idhafah, kesalahan penyusunan kalimat verbal dan nominal, dan kesalahan penggunaan nakirah makrifah. Kesalahan berbahasa ini disebabkan oleh beberapa factor antara lain: perbedaan yang signifikan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia, adanya kemiripan/keserupaan struktur kaidah satu dengan kaidah yang lain didalam bahasa Arab, generalisasi berlebih, pengaruh bahasa pertama, konteks pembelajaran yang kurang memadai, kepekaan rasa berbahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ubaidillah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Berbahasa Arab, morfologi, sintaksis .
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Nov 2017 08:44
Last Modified: 30 Nov 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item View Item