PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DIBAWAH UMUR DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014

MUHAMMAD ALVIN KHOIRU, NIM. 10340041 (2017) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DIBAWAH UMUR DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DIBAWAH UMUR DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014)
10340041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH ANAK DIBAWAH UMUR DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014)
10340041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Sebagai generasi penerus bangsa pada kenyataan saat ini tidak sedikit anak-anak bangsa terjerumus ke hal-hal yang tidak mendorong mereka tumbuh sebagai anak bangsa yang berkualitas, salah satu yang menjadi pengganjal perkembangan anak yaitu penyalagunaan narkotika di kalangan anak.Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan masuk kawasan 5 besar angka tertinggi tahun 2014 dalam penyalah gunaan narkoba termasuk Anak-anak, Maka dari itu seharusnya anak yang berusia 15-18 tahun juga harus di upayakan diversi, agar terwujudnya keadilan restoratif bagi anak yang melakukan tindak pidana khususnya penyalahgunaan narkoba. Sehingga anak tidak dirampas kemerdekaannya dan dapat berkembang sesuai dengan harkat dan martabat anak itu sendiri. Oleh karena itu penyusun tertarik untuk meneliti penegakan hukum terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika dan psikotropika oleh anak dibawah umur diwilayah kota yogyakarta tahun 2014. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yang diteliti pada awalnya adalah data sekunder kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan atau terhadap masyarakat. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu metode analisis yang pada dasarnya mempergunakan pemikiran logis, analisis dengan logika, dengan induksi, analogi / interpretasi, komparasi dan sejenisnya. Metode berfikir yang dipergunakan adalah metode induktif, yaitu dari data / fakta menuju ke tingkat abstraksi yang lebih tinggi, termasuk juga melakukan sintesis dan mengembangkan teori (bila diperlukan dan datanya menunjang). Dari analisis tersebut kemudian akan ditarik kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan yang ada. Polresta Yogyakarta, memberikan penanganan secara khusus mulai penangkapan, pemeriksaan dan penempatan ruang pemeriksaan, serta anak didampingi orang tua. Agar tidak menimbulkan stigma buruk dan hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum terlindungi. Sehingga sesuai dengan SOP atau buku panduan polisi khusus untuk penanganan anak yang berperkara dan UU No. 11 Tahun 2012, tentang Sistem Pengadilan Pidana Anak. anak yang berhadapan dengan hukum, mulai proses penangkapan, penyidikan, hingga proses peradilan di Pengadilan Negeri Yogyakarta sampai saat ini sudah sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, UU No. 23 Tahun 2002, tentang Perlindungan Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H. MAKHRUS MUNAJAT, S.H, M. Hum 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H, M.Hum
Uncontrolled Keywords: UU No. 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, UU No. 23 Tahun 2002, tentang Perlindungan Anak
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2017 13:12
Last Modified: 04 Dec 2017 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum