PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO

TOMMY IMAM FAUZI, NIM. 10480005 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO)
10480005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO)
10480005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)menghasilkan produk media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Flash Card pada materi pokok hewan dan tumbuhan untuk siswa kelas II semester II, 2)memperoleh kelayakan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakaan media Flash Card. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi delapan tahap yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk (skala kecil), tahap revisi produk dan tahap uji coba pemakaian.Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu dua orang ahli materi dan media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui kualitas media Flash Card dikembangkan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada setiap aspek penilaian media pembelajaran berbasis Flash Card. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berhasil disusun media pembelajaran Flash Card pada materi hewan dan tumbuhan, 2) Hasil penilaian media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Flash Card yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 4 dengan konversi skor skala lima adalah 4.00. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (Baik) dengan skor 4,12 dengan konversi skor skala lima adalah 4,12 sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash Card, Hewan dan Tumbuhan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2017 06:13
Last Modified: 06 Dec 2017 06:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28589

Actions (login required)

View Item View Item