IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KALISOKA TUKSONO SENTOLO

WAHYU AMINATI, NIM. 10480008 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KALISOKA TUKSONO SENTOLO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KALISOKA TUKSONO SENTOLO)
10480008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KALISOKA TUKSONO SENTOLO)
10480008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Wahyu Aminati, Implementasi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V di SD Muhammadiyah Kalisoka Tuksono Sentolo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Pentingnya manajemen kelas mengingat keberhasilan pembelajaran di kelas tidak lepas dari manajemen kelas yang baik. Dari hasil observasi diketahui bahwa ada siswa yang merasa bosan dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru kelas V SDM Kalisoka, 2) mengetahui bagaimana hasil implementasi manajemen kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dan 3) mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengimplemerntasikan manajemen kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDM Kalisoka Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif dengan mengambil lokasi di SD Muhammadiyah Kalisoka, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan triangulasi data.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik yang dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru menggunakan strategi manajemen kelas dalam mengimplementasikan manajemen kelas antara lain penataan tempat duduk, reward and punishment danpendekatan kekuasaan, (2) hasil implementasi manajemen kelas pada belajar Bahasa Indonesia menjadi meningkatkan dan tuntas sesuai dengan KKM, (3) kendala manajemen kelas ada empat faktor yaitu faktor dari siswa, faktor dari guru, faktor fasilitas sekolah dan faktor bawaan dari rumah. Untuk meningkatkan hasil belajar hal yang dilakukan guru adalah dengan mengubah strategi pembelajaran dan memanajemen kelas agar siswa tidak bosan terhadap pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2017 06:16
Last Modified: 06 Dec 2017 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28590

Actions (login required)

View Item View Item