IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

AZIEZ FATCHURRAHMAN, NIM. 10480024 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
10480024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MIN SEMANU GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
10480024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

AZIEZ FATCHURRAHMAN, "Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Min Semanu Gunungkidul Tahun Ajaran 2016/2017". Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Kurikulum merupakan alat yang digunakan sebagai acuan pendidikan. Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 156928/MPK.A/KR/2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, yang ditujukan kepada Gubernur Kepala Daerah, Bupati/Walikota seluruh Indonesia, bahwa pada tahun 2014/2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada semua satuan pendidikan SD/MI kelas I, II, III, dan IV. Kurikulum 2013 saat ini diberlakukan khusus pada sekolah unggulan yang telah dipilih oleh pemerintah, walaupun begitu sekolah yang telah merasa mampu mengikuti Kurikulum 2013 tetap diperboleh menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitaif diskriptif dengan suatu prosedur penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV A, dan IV B di MIN Semanu. Objek penelitian yaitu pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui presepsi guru tentang implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran kelas IV, mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di kelas IV, mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di kelas IV. Hasil penelitian ini adalah: (1) Presepsi guru tentang implementasi kurikulum 2013 pada proses Pembelajaran Kelas IV yaitu, guru harus cepat beradaptasi dengan kurikulum 2013, guru terus meningkatkan pembuatan RPP, guru terus belajar pendekatan tematik dan saintifik guna meningkatkan kompetensi dalam proses mengajar dan siswa sangat senang dengan kurikulum 2013. (2) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di Kelas IV antara lain, pembuatan RPP belum dilakukan di awal tahun pelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran diantaranya: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Guru melakukan pengelolaan kelas. Penggunaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Proses Pembelajaran antara lain: (a) faktor pendukung, siswa senang dengan pembelajaran saintifik. (b) faktor penghambat, pembuatan RPP belum dilakukan di awal tahun pembelajaran, salah satu guru dalam tahapan belajar dan belum sepenuhnya menggunakan pendekatan tematik dan minimnya sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sedya Santosa, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:18
Last Modified: 06 Dec 2017 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum