HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

LAILATI ROHMAH, NIM. 13480015 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA KELAS IV SD SALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Lailati Rohmah. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Emotional Intelligence Siswa Kelas IV SD SALAM Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola asuh orang tua siswa kelas IV SD SALAM, 2) emotional intelligence siswa kelas IV SD SALAM, 3) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap emotional intelligence siswa kelas IV SD SALAM. Pola pengasuhan yang dimiliki orang tua dan diterapkan kepada anak di dalam keluarga akan berimplikasi pada perkembangan berbagai kecerdasan dalam diri anak. Keluarga merupakan tempat pembelajaran pertama bagi anak, dari keluarga anak melihat serta merekam apa saja yang dilakukan dan dicontohkan oleh orang-orang sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pada penelitian ini yaitu metode studi korelasi, bertujuan untuk mencari korelasi atau hubungan antar variabel. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD SALAM dan seluruh orang tua siswa kelas IV SD SALAM yang berjumlah 13 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, artinya seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data utama menggunakan angket atau kuosioner yang terlebih dahulu divalidasi oleh ahli, lalu pengumpulan data sekundernya menggunakan wawancara. Data angket dihitung menggunakan statistik deskriptif untuk memperoleh data yang diinginkan, lalu dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji One Sample Kormogorov-Smirnov, setelah dilakukan uji prasyarat analisis dilakukan pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pola asuh orang tua terhadap emotional intelligence siswa, adapun hasil penelitian ini menjawab tujuan penelitian, diantaranya: (1) orang tua dengan tipe pola asuh demokratis sebanyak 8 orang (61,5%) lalu orang tua dengan tipe pola asuh otoriter 5 orang (38,5%); (2) siswa yang memiliki emotional intelligence dengan kategori baik sebanyak 3 siswa (23,1%) lalu siswa yang memiliki emotional intelligence dengan kategori sedang sebanyak 7 siswa (53,8%) dan siswa yang memiliki emotional intelligence dengan kategori kurang sebanyak 3 siswa (23,1%); (3) pola asuh orang tua berhubungan positif terhadap emotional intelligence siswa dibuktikan dengan ℎ����� � ��, hasil korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,499 yang artinya hubungan antara pola asuh orang tua terhadap emotional intelligence siswa dikatakan lemah, karena hasil korelasi mendekati nol yaitu 0,499 dan bersifat positif artinya jika pola asuh baik maka akan baik juga emotional intelligence siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Emotional Intelligence, Orang Tua
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2017 06:41
Last Modified: 06 Dec 2017 06:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item