EFEKTIVITAS METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI AL HUDA

M HASBI AINUL FIKRI, NIM. 13480020 (2017) EFEKTIVITAS METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI AL HUDA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI AL HUDA)
13480020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI AL HUDA)
13480020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

M.Hasbi Ainul Fikri (13480020), Efektivitas Metode Whole Brain Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V MI Al Huda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya nilai IPA siswa di MI Al Huda. Penelitian bertujuan untuk Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode Whole Brain Teaching pada pembelajaran IPA dan Mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan metode Whole Brain Teaching dengan pembelajaran konvensional. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dan sampel dalam penelitian siswa kelas V MI Al Ihsan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika parametrik yaitu uji t untuk hasil post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V MI Al Huda, ditunjukan melalui perhitungan uji beda menggunakan uji t untuk nilai post test, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,026 (0,026 0,05) lebih kecil dari pada 0,05 itu artinya Hipotesis diterima, berarti artinya bahwa metode Whole Brain Teaching ada perbedaan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V MI Al Huda pada taraf kepercayaan 5%. Karena pada metode whole brain teaching siswa menjadi lebih fokus dengan pembelajaran yang dipadukan antara visual, verbal, dan gerakan tubuh. 2) efektivitas dengan uji t gain score menunjukkan bahwa gain score memiliki siginifikan sebesar 0,187 (0,187 0,05) lebih besar dari 0,05 itu artinya Hipotesis ditolak. Artinya metode whole brain teaching tidak lebih efektif dari metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Whole Brain Teaching, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2017 06:54
Last Modified: 06 Dec 2017 06:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item