IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

NA’ILATUL FIKRIYAH, NIM. 13480124 (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13480124_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13480124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Na’ilatul Fikriyah, "Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Di era modern saat ini, banyak sekali lembaga pendidikan yang mengadopsi dari pola pendidikan pesantren. Pada saat ini lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren (boarding school) sudah banyak di kalangan Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Namun untuk Sekolah Dasar yang berbasis pondok pesantren (boarding school) masih sedikit. Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim merupakan sekolah tingkat dasar yang menerapkan pondok pesantren atau boarding school, namun tidak untuk seluruh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji model penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan di boarding school Madrasah Ibtidaitah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian adalah peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim yang tinggal di boarding school atau pondok pesantren, pembina, dan ustadz/ustadzah di asrama Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif (Miles and Huberman) dengan menggunakan keabsahan data uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model penanaman nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim adalah dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, kisah, pembinaan atau bimbingan, dan ganjaran dan hukuman. (2) Nilai-nilai yang diterapkan adalah melalui kegiatan keseharian peserta didik yaitu nilai keimanan, kejujuran, kedisiplinan, bertanggung jawab, percaya diri, mandiri, hidup sehat, cinta ilmu, santun, toleransi, dan demokrasi. (3) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di boarding school adalah dukungan positif dari orang tua, hubungan yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua atau wali, kegiatan peserta didik yang termanajemen dengan baik, serta jumlah pembina dan peserta didik yang ideal. Walaupun demikian, terdapat kendala yang harus diselesaikan dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter ini yaitu pembina yang masih kuliah sehingga masih banyak tugas yang harus di selesaikan, sarana prasaeana yang kurang memadai, materi madrasah diniyah yang belum sepenuhnya di praktikkan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2017 07:00
Last Modified: 06 Dec 2017 07:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28597

Actions (login required)

View Item View Item