PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD BIBIS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017

SUSANTI PUJI LESTARI, NIM. 13480032 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD BIBIS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD BIBIS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD BIBIS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Susanti Puji Lestari (13480032), Pengaruh Metode Pembelajaran Outbound Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Bibis Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai sikap peduli lingkungan siswa yang menggunakan metode pembelajaran outbound dengan metode pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran outbound terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Bibis semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Variabel yang diukur adalah sikap peduli lingkungan yang terdapat pada siswa kelas IV SD Bibis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bibis yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk hasil observasi dan post angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 22.00 terlihat dengan rata-rata skor hasil observasi kelas eksperimen sebesar 2,29 dan kelas kontrol sebesar 2,44. Uji t menunjukkan bahwa hasil observasi diperoleh diperoleh nilai thitung = 1,013 ttabel = 2,032 dengan nilai Signifikansi atau Sig. (2-tailed) = 0,317 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan rata-rata skor pada hasil post angket kelas eksperimen sebesar 63,8 dan kelas kontrol sebesar 62,72. Uji t menunjukkan bahwa hasil post angket diperoleh nilai thitung = -0,761 ttabel = 2,032 dengan nilai Signifikansi atau Sig. (2-tailed) = 0,452 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya penggunaan metode pembelajaran outbound dengan metode pembelajaran konvensional tidak terdapat perbedaan pada rata-rata nilai sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD Bibis. Sehingga juga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran outbound tidak ada pengaruh terhadap sikap peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Maulu’ah, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Outbound, Sikap Peduli Lingkungan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:05
Last Modified: 06 Dec 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum