ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH DASAR TAHUN 2016/2017 BERKARAKTER HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

PUSPITA SARI, NIM. 13480039 (2017) ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH DASAR TAHUN 2016/2017 BERKARAKTER HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH DASAR TAHUN 2016/2017 BERKARAKTER HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS))
13480039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH DASAR TAHUN 2016/2017 BERKARAKTER HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS))
13480039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Puspita Sari, "Analisis Soal Matematika Ujian Sekolah Dasar Tahun 2016/2017 Berkarakter Higher Order Thinking Skill (HOTS)". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah karakteristik soal berkarakter HOTS pada setiap butir soal US/M Matematika SD/MI pada tahun pelajaran 2016/2017 serta menghitung persentase jumlah soal US/M Matematika SD/MI pada tahun pelajaran 2016/2017 yang memenuhi karakteristik soal berkarakter HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tipe analisis isi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dokumen yang dianalisis yaitu berupa soal US/M tingkat SD/MI tahun 2016 atau 2017 mata pelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dengan instrumen angket atau kuesioner. Angket ini berisikan tiga karakteristik soal HOTS yaitu kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan pemecahan masalah. Sumber data pada penelitian ini adalah guru Matematika, dosen Matematika, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang telah lulus dan memiliki nilai minimal Baik (B) pada mata kuliah Pendalaman Matematika dan Evaluasi Pendidikan. Responden tersebut berjumlah 30 orang. Data hasil dari 30 responden tersebut diolah dengan menggunakan rumus, sehingga diperoleh jumlah persentase dan jumlah karakteristik HOTS pada setiap butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori karakteristik, yaitu 10 butir soal yang memiliki salah satu karakteristik soal HOTS, 21 butir soal yang memiliki dua karakteristik soal HOTS, dan 3 butir soal yang memiliki semua karakteristik soal HOTS. Persentase setiap indikator karakteristik kemampuan berpikir kritis, sebagai berikut: mengidentifikasi asumsi sebesar 30%, indikator merumuskan masalah sebesar 12,5%, menentukan akibat sebesar 5%, mendeteksi bias sebesar 2,5%, mengungkap data sebesar 40%, dan mengevaluasi argumen sebesar 0%. Persentase setiap indikator karakteristik kemampuan berpikir kreatif, sebagai berikut: fluency sebesar 10%, flexibility 12,5%, originality sebesar 2,5%, dan elaboratian sebesar 0%. Persentase indikator karakteristik kemampuan pemecahan masalah, sebagai berikut: kompleks sebesar 20%, penyelesaian tidak langsung diketahui sebesar 12,5%, keterkaitan dan pengaplikasian konsep matematika sebesar 10%, membuat chart atau gambar sebesar 15%, dan terdapat rancangan model matematika sebesar 15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ujian Sekolah/Madrasah, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Berpikir kritis, Berpikir kreatif, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:10
Last Modified: 06 Dec 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum