EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA KARTU SORTIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AL IHSAN

HERMAWAN NUR RAHMAN, NIM. 13480040 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA KARTU SORTIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AL IHSAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA KARTU SORTIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AL IHSAN)
13480040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA KARTU SORTIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V MI AL IHSAN)
13480040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hermawan Nur Rahman (13480040), Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Media Kartu Sortir, Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V MI Al Ihsan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah terdapat perberbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan dua perlakuan yang berbeda 2) Mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan media kartu sortir terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dan sampel dalam penelitian siswa kelas V MI Al Ihsan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes uraian yang melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis, perbedaan ditunjukan melalui perhitungan uji beda menggunakan uji t, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,006 (0,006 0,05) lebih kecil dari pada 0,05 itu artinya H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan media kartu sortir dan pembelajaran konvensional. Peningkatan nilai ditunjukan dengan persentase siswa yang mengalami kenaikan nilai pretest-posttest berpikir kritis, 84,21% siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional mengalami peningkatan nilai, sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation menggunakan kartu sortir, terdapat 90,47% siswa yang mengalami peningkatan nilai, peningkatan juga ditunjukan oleh nilai rata-rata pretest-posttest, kelas kontrol yang semula mendapatkan nilai 21 menjadi 38,21 meningkat 17,21 sedangkan kelas eksprimen yang semula mendapatkan nilai 27,2 menjadi 55,05 meningkat 27,85 2) Uji Efektivitas dengan uji t gain score menunjukan menunjukkan bahwa gain score memiliki nilai signifikan sebesar 0,009 (0,009 0,05) lebih kecil dari pada 0,05 itu artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Media Kartu Sortir lebih efektif dari pada penggunaan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Maulu‟ah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Media Kartu Sortir, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:12
Last Modified: 06 Dec 2017 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum