KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

INTAN MAULIDA ARGARANI, NIM. 13480070 (2017) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
13480070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
13480070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Intan Maulida Argarani, Kebijakan Kepala Sekolah dalam Implementasi Penilaian Berbasis Kelas di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Masalah penilaian hasil belajar tidak dapat dilepaskan dengan peraturan akademik yang berlaku di sekolah/ madrasah. Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki kewajiban untuk membuat rencana kerja agar penilaian hasil belajar peserta didik terimplementasikan dengan baik. Mengikuti adanya kebijakan tentang KTSP membuat SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang menggunakan model penilaian berbasis kelas. Terimplementasikannya penilaian dengan baik tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti kebijakan yang ada di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang sehingga penilaian berbasis kelas dapat terimplementasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh kepala sekolah dalam implementasi penilaian berbasis kelas di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, bagaimana penerapan kebijakan yang ada, serta faktor pendukung dan penghambat dari terlaksananya kebijakan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah membuat 4 kebijakan dalam implementasi penilaian berbasis kelas yaitu penetapan KKM tiap mata pelajaran, penilaian yang mencakup 3 ranah perkembangan peserta didik, melaksanakan tindak lanjut dari hasil penilaian berbasis kelas, dan menggunakan hasil penilaian mata pelajaran IPA dan matematika untuk passing grade peserta didik, (2) Kebijakan kepala sekolah yang ada sudah diterpakan seluruhnya dengan baik meskipun masih perlu pembenahan, (3) Faktor pendukung terlakasananya kebijakan kepala sekolah yaitu pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, keaktifan peserta didik dan orang tua, dan sumber daya manusia yang baik. Faktor penghambat terlaksananya kebijakan kepala sekolah yaitu waktu, serta sarana dan prasarana yang masih perlu penambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:23
Last Modified: 13 Dec 2017 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item