KETERAMPILAN GURU BERINTERAKSI DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

TRI PUJI LESTARI, NIM. 13480073 (2017) KETERAMPILAN GURU BERINTERAKSI DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERAMPILAN GURU BERINTERAKSI DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (KETERAMPILAN GURU BERINTERAKSI DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tri Puji Lestari, 2017. Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik Kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah di Indonesia UKG (Uji Kompetensi Guru) sangat pasif hanya berdasarkan ujian tes tertulis tanpa memperhatikan keterampilan guru dalam proses pembelajaran dan di SD Muhammadiyah Bodon ada seorang guru yang memiliki banyak prestasi dan memiliki kapasitas sehingga peneliti ingin mengetahui keterampilan guru tersebut dalam berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga nantinya penelitian ini bisa dijadikan acuan bagi guru-guru yang lain dalam berinteraksi dengan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik Kelas V-A dan Faktor pendukung dan penghambat Keterampilan Guru Berinteraksi dengan Peserta didik kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD Muhammadiyah Bodon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru dalam berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik meliputi berbagai hal diantaranya adalah Persiapan pra pembelajaran, keterampilan dasar mengajar (keterampilan bertanya, keterampilan member penguatan, keterampilan mengajar kelompok kecil atau perorangan, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengadakan variasi), pola interaksi, efektivitas pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik, memberikan motivasi, strategi komunikasi, Penilaian yang lebih bersifat multi aspek/majemuk. Semua hal tersebut sebagaian besar sudah diterapkan dengan baik oleh guru, sehingga dapat dikatakan bahwa guru kelas V-A adalah guru yang terampil berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik. Faktor penghambat dan pendukung keterampilan guru berinteraksi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik kelas V-A SD Muhammadiyah Bodon Banguntapan Bantul tahun ajaran 2016/2017 yaitu faktor guru, peserta didik, faktor sarana dan prasarana, faktor lokasi sekolah. Faktor penghambat yaitu faktor pembelajaran tematik yang materinya membingungkan dan sering diulang-ulang dan faktor waktu pembelajaran yang hanya satu kali pertemuan dalam seminggu sehingga materi pembelajaran sering tidak selesai tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Pembelajaran tematik, Keterampilan mengajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:29
Last Modified: 13 Dec 2017 03:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item