PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV TEMA 6 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI

SURYANINGSIH, NIM. 13480079 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV TEMA 6 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV TEMA 6 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI)
13480079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV TEMA 6 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI)
13480079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Suryaningsih, "Pengaruh Metode Pembelajaran Show and Tell terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Keterampilan berbicara sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Berbicara baik dan benar membutuhkan proses yang panjang dan menggunakan metode yang sesuai. Salah satu metode tersebut adalah metode Show and Tell. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Show and Tell terhadap keterampilan berbicara dan untuk mengetahui perbedaan tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran Show and Tell. Penelitian menggunakan Quasi Experimen. Variabel terikat dari penelitian ini adalah metode Show and Tell, sementara variabel bebasnya adalah keterampilan berbicara. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 65 siswa, kelas IV C sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen. Teknik menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah melalui Cluster Sampling. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan dengan skala penilaian 1-4. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney sebagai pengganti uji T. Selain itu, uji prasyarat analisis data yang digunakan yakni uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode Show and Tell terhadap keterampilan berbicara dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis hasil uji Mann Whitney membuktikan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, ada perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara kelompok eksperimen dengan keterampilan berbicara kelompok kontrol. Kemudian, dari nilai rata-rata perubahan keterampilan berbicara, kelompok kontrol sebesar 2,3503 dan kelompok eksperimen sebesar 10,7141. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan keterampilan berbicara kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Show and Tell, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:33
Last Modified: 13 Dec 2017 03:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28623

Actions (login required)

View Item View Item