PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SD/MI

EMI WULANDARI, NIM. 13480088 (2017) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SD/MI)
13480088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAK.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SD/MI)
13480088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Emi Wulandari, "Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa SD/MI". Skripsi. Yogakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Kebiasaan membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam meraih ilmu pengetahuan dan teknologi, namun siswa pada jenjang sekolah dasar saat ini mengaku malas membaca buku khususnya buku pelajaran. Hal tersebut mengakibatkan siswa kesulitan memahami materi pelajaran terutama pembelajaran tematik dan harus didampingi guru dalam belajar. Selain itu belum ada sumber belajar altenatif tematik dalam bentuk buku cerita bergambar yang dapat mempermudah siswa untuk siswa SD/MI dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik tema 3 ‘Kegiatanku’ subtema 1 ‘Kegiatan Pagi Hari’. (2) mengetahui kelayakan produk buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas 1 MI. (3) mengetahui respon siswa terhadap produk bukku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas 1 SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan produk buku cerita bergambar yaitu menggunakan tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Dessiminate). Produk buku cerita bergambar dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer (teman sejawat) dan 2 guru kelas 1 MI Al Ihsan, serta direspon oleh 10 siswa kelas 1 MI Al Ihsan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk buku cerita bergambar sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik tema Kegiatanku subtema Kegiatan Pagi Hari telah berhasil dikembangkan. (2) Kualitas produk buku cerita bergambar berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 41 dan persentase keidealan 91,11%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 53 dan persentas keidealan 88,33%. Berdasarkan ahli bahasa adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 34 dan persentase keidealan 97,14%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 76,5 dan persentase keidealan 95,62%. Berdasarkan penilaian 2 guru kelas 1 MI adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 75,5% dan persentase keidealan 94,37%. Dengan demikian, produk buku cerita bergambar layak digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas 1 SD/MI. (3) Buku cerita bergambar telah direspon oleh 10 siswa kelas 1 MI Al Ihsan Medari diperoleh respon positif atau Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 9,4 dan persentase keidealan 94% sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:36
Last Modified: 13 Dec 2017 03:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item