ANALISIS TIPE KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENURUT TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEMIN

FIAN YULIA NUR FATIMAH, NIM. 13480099 (2017) ANALISIS TIPE KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENURUT TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEMIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TIPE KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENURUT TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEMIN)
13480099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TIPE KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENURUT TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SEMIN)
13480099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Fian Yulia Nur Fatimah, "Analisis Tipe Kesalahan Mengerjakan Soal Matematika Materi Pecahan Menurut Teori Newman pada Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Semin". Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Sekolah adalah kelompok layanan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan tipe pendidikannya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang digunakan sebagai ujian sekolah atau ujian kelulusan di tingkat sekolah dasar. Rendahnya kemampuan berhitung siswa dalam mengerjakan soal matematika dapat dilihat dari hasil ujian tengah semester. Langkah awal untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mencari tipe kesalahan apa saja dan tipe kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa kelas V dalam mengerjakan soal matematika materi pecahan. Analisis data kualitatif digunakan dalam penelitian guna menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sehingga menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di dua Madrasah Ibtidaiyah yang ada di kecamatan Semin, Gunungkidul pada Maret 2017 s.d. April 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Data di analisis dengan dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah 1) tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika adalah kesalahan membaca; tipe kesalahan pemahaman; tipe kesalahan tipe transformasi; tipe kesalahan keterampilan proses; dan tipe kesalahan jawaban akhir. Tipe kesalahan yang paling dominan dilakukan adalah tipe kesalahan pemahaman. 2) Total kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika dari 15 soal dan 31 dokumen pekerjaan siswa adalah tipe kesalahan membaca sebanyak 3 kali; tipe kesalahan pemahaman sebanyak 261 kali; tipe kesalahan transformasi 131 kali; tipe kesalahan keterampilan proses 20 kali; dan tipe kesalahan jawaban akhir sebanyak 14 kali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: pecahan, analisis, tipe kesalahan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:44
Last Modified: 13 Dec 2017 03:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28629

Actions (login required)

View Item View Item