PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PROGRAM TAKHASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA (Kajian Tentang Kerjasama Antara Madrasah dengan Pondok Pesantren)

SITI NUR'AINI ERNA R NIM: 03410024, (2009) PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PROGRAM TAKHASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA (Kajian Tentang Kerjasama Antara Madrasah dengan Pondok Pesantren). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PROGRAM TAKHASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA (Kajian Tentang Kerjasama Antara Madrasah dengan Pondok Pesantren))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PROGRAM TAKHASUS PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA (Kajian Tentang Kerjasama Antara Madrasah dengan Pondok Pesantren))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (504kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan bentukbentuk kerjasama antara madrasah dengan pondok pesantren yang dalam hal ini difokuskan pada Pembina asrama dalam pembinaan akhlak siswa, hasil yang dicapai, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penyelenggaraan kerjasama antara madrasah dengan Pembina asrama dalam pembinaan akhlak siswa di tahun-tahun mendatang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Asrama Takhasus yang ada di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Dusun Gaten Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan non-eksperimen dengan menggunakan alternatif pendekatan studi deskriptif survei yaitu mengumpulkan data sebanyak-banyaknya di lapangan kemudian menganalisanya. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan membuat kategori dari makna yang terdapat dalam data, mencari dan menemukan pola atau hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum melalui penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data yaitu teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding data itu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk kerjasama antara madrasah dengan pembina asrama didefinisikan melalui usaha-usaha pembinaan akhlak yang dilakukan dengan pembagian kerja sesuai dengan kesepakatan bersama. (2) Hasil yang dicapai terlihat cukup berhasil untuk beberapa hal, seperti pembinaan gaya hidup sederhana dan mandiri, penerapan sanksi-sanksi bagi pelanggaran, siraman rohani melalui PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Sedangkan untuk beberapa hal yang lain, seperti pemberian perhatian, pemberian keteladanan, pengawasan dalam pelaksanaan tata tertib atau peraturan yang telah ditetapkan terlihat kurang optimal. (3) Faktor-faktor yang mendukung, antara lain: adanya peran ganda pembina asrama sebagai guru di MTs, pembina asrama dan sebagian besar guru berada dan tinggal di pesantren dekat dengan siswa, siswa seluruhnya tinggal di asrama pesantren, adanya asrama takhasus khusus siswa usia sekolah, adanya prinsip kebersamaan dan kekeluargaan yang terus dijaga, dan kondisi lingkungan yang tidak pernah sepi dengan kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat, antara lain: sebagian besar guru dan Pembina asrama masih disibukkan dengan kuliah, pergantian Pembina asrama yang terlalu cepat, dan kondisi asrama takhasus yang menyatu dengan asrama umum yang sebagian besar mahasiswa, serta jika liburan panjang tiba siswa sering lupa waktu dan banyak kebiasaan di asrama yang dilupakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Drs. H. Suyatno Prodjodikoro
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:20
Last Modified: 03 Sep 2012 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item