HUBUNGAN PERHATIAN IBU YANG BEKERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT DISIPLIN SISWA SDN BARUSAWAH-SUKABUMI

IRMA FITRIA, NIM. 13480104 (2017) HUBUNGAN PERHATIAN IBU YANG BEKERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT DISIPLIN SISWA SDN BARUSAWAH-SUKABUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERHATIAN IBU YANG BEKERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT DISIPLIN SISWA SDN BARUSAWAH-SUKABUMI)
13480104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERHATIAN IBU YANG BEKERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TINGKAT DISIPLIN SISWA SDN BARUSAWAH-SUKABUMI)
13480104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Irma Fitria, "Hubungan Perhatian Ibu yang Bekerja Terhadap Prestasi Belajar dan Tingkat Disiplin Siswa SDN Barusawah-Sukabumi". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2017. Fenomena ibu yang bekerja bukanlah hal baru di tengah masyarakat. Pilihan menjadi wanita karir bukanlah tanpa sebab. Peran ganda yang dijalani ibu menyebabkan perhatian kepada anak berkurang. Padahal menurut penelitian dari Sarah Roberts dan Saron Stein dari Ferrum College menyatakan bahwa anak belajar bersikap dari ibu. Adapun penelitian yang dilakukan oleh Crouter di Amerika Serikat, ibu yang bekerja menyebabkan prestasi belajar anak laki-laki kurang baik. Akan tetapi berdasarkan hasil wawancara dengan siswa kelas IV, V dan VI SDN Barusawah-Sukabumi tidak sedikit ibunya yang bekerja. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tingkat perhatian ibu yang bekerja di SDN Barusawah-Sukabumi (2) untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa SDN Barusawa-Sukabumi (3) untuk mendeskripsikan tingkat disiplin siswa SDN Barusawah-Sukabumi (4) untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara perhatian ibu yang bekerja terhadap prestasi belajar siswa SDN Barusawah-Sukabumi (5) untuk membuktikan apakah terdapat hubungan perhatian ibu yang bekerja terhadap tingkat disiplin siswa SDN Barusawah- Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI di SDN Barusawah-Sukabumi. Dimana populasinya berjumlah 111 siswa, dengan menggunakan sampling puposive maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan SPSS Statistic 22.0 for Windows dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perhatian ibu yang bekerja memiliki kecenderungan pada kategori baik (2) prestasi belajar memiliki kecenderungan pada kategori kurang (3) disiplin memiliki kecenderungan pada kategori baik (4) terdapat korelasi yang sangat kuat antara hubungan perhatian ibu yang bekerja dengan prestasi belajar sebesar 0, 990 (5) terdapat korelasi yang sangat kuat antara hubungan perhatian ibu yang bekerja dengan tingkat disiplin siswa sebesar 0,977.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Maulu‟ah, Msi., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Perhatian Ibu yang Bekerja, Prestasi Belajar, Tingkat Displin Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:58
Last Modified: 13 Dec 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item View Item