PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SIMULTANEOUS ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA

Sriwulan, Agus (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SIMULTANEOUS ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA. AL BIDAYAH, Vol. 9 (No. 2). pp. 11-20. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image
Cover AL BIDAYAH Desember 2017.png - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agus Sriwulan - PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SIMULTANEOUS ROUNDTABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

This study aims to describe the implementation of Simultaneous RoundTable model of cooperative model to improve students’ social skills in Tunjungsekar 5 Elementary School Malang. This type of research is a Classroom Action Research consist of 2 cycles. Each cycle consists of four stages, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research are 25 students in II B class of Tunjungsekar 5 Elementary School Malang year 2015/2016. Data on students’ social skills are collected through observation sheets and interviews. The collected data then analyzed by using qualitative descriptive analysis technique. In the first cycle, the percentage of social skills of students by 55% and experienced a significant increase in cycle II of 87%. Based on the results of this study, students ‘social skills are enhanced through the application of Simultaneous RoundTable model of cooperation which includes sub aspect (1) the ability to communicate with other students, (2) make friendship with peers, (3) listen to friends’ opinions, (4) giving and receiving criticism from others, and (5) giving or receiving feedback. Keywords: Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’ social skills [INDONESIA] Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SDN Tunjungsekar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Tunjungsekar 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Data tentang keterampilan sosial siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus I, persentase keterampilan sosial siswa diperoleh hasil sebesar 55% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable yang mencakup sub aspek (1) kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain, (2) menjalin hubungan pertemanan dengan teman sebaya, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) memberi dan menerima kritik dari orang lain, dan (5) memberi atau menerima umpan balik. Kata Kunci: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan sosial siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan sosial siswa, Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’ social skills
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2017 09:30
Last Modified: 15 Dec 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum