RESPON PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN FLAVONOID PADA PHYLLANTHUS NIRURI DAN PHYLLANTHUS URINARIA DENGAN CEKAMAN KEKERINGAN

IDA PURWATI, NIM. 11640036 (2017) RESPON PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN FLAVONOID PADA PHYLLANTHUS NIRURI DAN PHYLLANTHUS URINARIA DENGAN CEKAMAN KEKERINGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN FLAVONOID PADA PHYLLANTHUS NIRURI DAN PHYLLANTHUS URINARIA DENGAN CEKAMAN KEKERINGAN)
11640036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESPON PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN FLAVONOID PADA PHYLLANTHUS NIRURI DAN PHYLLANTHUS URINARIA DENGAN CEKAMAN KEKERINGAN)
11640036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Meniran merupakan salah satu tanaman obat yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional. Bedasarkan penelitian fitokimia, kandungan senyawa meniran berupa flavonoid, terpenoid, alkaloid dan steroid. Flavonoid merupakan senyawa fenolik yang berasal dari alam. Flavonoid memiliki manfaat sebagai imunomodulator, zat anti bakteri dan anti oksidan. Secara klinis, imunomodulator dapat digunakan pada pasien dengan gangguan antara lain,imunitas malnutrisi dan alergi. Salah satu cara meningkatkan kandungan flavonoid adalah dengan memberikan cekaman kekeringan. Cekaman kekeringan merupakan istilah untuk menyatakan bahwa tanaman mengalami kekurangan air akibat keterbatasan air dari lingkungannya yaitu media tanam. Penelitian ini akan menggunakan faktorisasi faktor pertama menggunakan meniran hijau dan meniran merah. Faktor kedua menggunakan 3 tingkat cekaman kekeringan 0 hari (kontrol), 15 hari cekaman kekeringan dan 30 hari cekaman kekeringan. Masing masing menggunakan kapasitas lapang 60%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Anti Damayanti H, S.Si., M.Mol.Bio
Uncontrolled Keywords: Phyllanthus niruri, Phyllantus urinaria, flavonoid, cekaman kekeringan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Dec 2017 09:49
Last Modified: 15 Dec 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28652

Actions (login required)

View Item View Item