ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SABILILLAH SIDOARJO JAWA TIMUR

IMAMUL MUTTAQIN NIM. 03410033, (2012) ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SABILILLAH SIDOARJO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SABILILLAH SIDOARJO JAWA TIMUR)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM SABILILLAH SIDOARJO JAWA TIMUR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (189kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pemahaman bahwa Multiple Intelligences merupakan kumpulan kemampuan bakat atau keterampilan mental dan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia (siswa) guna memecahkan masalah dan menciptakan produk-produk baru yang bernilai. Sehubungan dengan hal ini, maka sangat penting bagi orangtua dan pendidik untuk mengetahui kecerdasan yang paling dominan pada setiap anak. Sehingga mereka tidak menuntut pada anak untuk pandai dalam semua mata pelajaran, seperti hafalan dan mengerjakan soal-soal serta membuang anggapan bahwa anak yang ramai di sekolah itu anak yang tidak pandai. Padahal itu bukan suatu jaminan, karena setiap manusia mempunyai kecerdasan yang bermacam-macam yang tingkatannya tidak sama satu sama lain. Pada model pembelajaran MI dikenal bahwa manusia mempunyai 8 kecerdasan, yang tingkat kecerdasan satu sama lainnya tidak sama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Islam Sabilillah Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran di SD Islam Sabilillah Sidoarajo menggunakan variasi metode yang tepat dan sesuai dengan tujuan, materi, dan kondisi siswa berdasarkan kecerdasan masing-masing. Metode yang digunakan yaitu metode Multiple Intelligences dengan menyesuaikan kecerdasan siswa yang ada di SD Islam Sabilillah Sidoarjo berdasarkan kelas kecerdasan, yaitu untuk kelas kecerdasan musik, metode yang digunakan adalah dengan nyanyian atau mendengarkan musik; untuk kelas kecerdasan kata, metode yang digunakan adalah ceramah atau cerita; untuk kelas kecerdasan angka, adalah dengan berhitung; untuk kelas kecerdasan gambar, adalah dengan bantuan gambar atau simbol; untuk kelas kecerdasan gerak, adalah dengan praktek atau gerak; sedangkan untuk kelas kecerdasan alam, adalah terjun langsung dengan mengamati alam sekitar. Evaluasi pembelajaran menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes dilakukan secara tertulis dan lisan, sedangkan teknik non tes dilakukan dengan observasi, buku penghubung, dan buku monitoring. (2) Hasil yang dicapai dari pelaksanaan MI dalam PAI yaitu MI mampu menjembatani proses pengajaran yang membosankan menjadi suatu pengalaman belajar yang menyenangkan dan siswa tidak hanya dijejali oleh teori semata, melainkan pemahaman berdasarkan kecerdasan yang mereka miliki, selain itu semakin bertambahnya pengetahuan agama siswa terutama dalam PAI baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik berdasarkan kecerdasan yang ada pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Abd. Shomad, M.A
Uncontrolled Keywords: Analisis, Multiple intelligences, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:25
Last Modified: 08 Aug 2012 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item